Rp. 450,000
Rp. 1,750,000
Daftar

Kelas Online

5 Hari
Mahir Kontrak
Pengadaan barang/jasa Pemerintah

5 Kali Pelatihan
22 - 26 Juli 2024
18:30 – 21:00 WIB

Latar Belakang

Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan menjadi lebih penting dari sebelumnya, terutama dalam pengelolaan kontrak pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kontrak pengadaan tidak hanya merupakan alat untuk memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan pemerintah, tetapi juga sarana untuk menjamin penggunaan anggaran yang bertanggung jawab dan adil. Proses pengadaan yang efisien dan transparan membantu memastikan bahwa barang dan jasa yang diperoleh adalah berkualitas tinggi, sekaligus meminimalkan potensi kebocoran anggaran dan mengurangi risiko korupsi.

Namun, tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan kontrak pengadaan seringkali kompleks dan dinamis, memerlukan keahlian khusus yang meliputi pemahaman mendalam tentang hukum, kebijakan publik, manajemen risiko, serta keterampilan negosiasi. Keberhasilan dalam pengelolaan kontrak tidak hanya tergantung pada pengetahuan teoritis tetapi juga pengalaman praktis dalam menavigasi isu-isu yang sering muncul selama siklus pengadaan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan praktisi pengadaan lainnya berada di garis depan dalam menghadapi tantangan ini. Mereka membutuhkan kemampuan untuk merumuskan kontrak yang tidak hanya kuat secara legal tetapi juga fleksibel untuk beradaptasi dengan kondisi yang berubah. Selain itu, pengendalian pelaksanaan kontrak yang efektif esensial untuk memastikan bahwa semua pihak memenuhi kewajiban mereka dan proyek berjalan sesuai dengan rencana.

Mengingat kompleksitas dan tantangan tersebut, pengembangan profesional terus-menerus menjadi sangat penting. Program pelatihan dan sertifikasi secara periodik dapat membantu PPK memperbarui pengetahuan mereka tentang peraturan terbaru dan mengasah keterampilan yang diperlukan untuk mengelola pengadaan secara efektif. Pelatihan ini tidak hanya memperkuat kepatuhan terhadap standar yang berlaku tetapi juga meningkatkan integritas dan keandalan proses pengadaan publik.

mengingat pentingnya kompetensi tersebut, kelas online "5 Hari Mahir Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah" dirancang sebagai solusi untuk mengasah kemampuan para praktisi pengadaan dalam mengelola kontrak secara efektif. Pelatihan ini memberikan wawasan mendalam mengenai setiap aspek yang terkait dengan kontrak pengadaan, dari tahap perumusan hingga pengendalian pelaksanaannya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Kelas online "5 Hari Mahir Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah" dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan esensial kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) dan para profesional di bidang pengadaan pemerintah. Maksud utama dari pelatihan ini adalah untuk mengasah kompetensi teknis dan strategis para peserta dalam mengelola kontrak pengadaan, yang mencakup segala aspek mulai dari perumusan hingga penyelesaian kontrak. Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi pengetahuan praktis dan teoritis, meningkatkan pemahaman regulasi terkini, serta mengadaptasi praktek terbaik yang dapat diterapkan dalam konteks pengadaan pemerintah.

Materi Pelatihan

  1. Perumusan Kontrak Pengadaan
  2. Perumusan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam bentuk kwitansi, bukti pembayaran/pembelian, dan surat pesanan
  3. Pelaksanaan Kontrak Pengadaan
  4. Pengendalian Pelaksanaan Kontrak Pengadaan
  5. Risiko Pengelolaan Kontrak Pengadaan

Kurikulum

Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan kemampuan komprehensif dalam mengelola seluruh aspek kontrak pengadaan pemerintah. Materi yang ditawarkan meliputi lima modul utama, yang masing-masing bertujuan mengasah keahlian spesifik yang berkaitan dengan kontrak pengadaan:

1. Perumusan Kontrak Pengadaan

Materi ini fokus pada dasar-dasar penyusunan kontrak pengadaan. Peserta akan mempelajari cara merancang kontrak yang tidak hanya memenuhi kebutuhan legal dan regulasi, tetapi juga secara strategis mendukung tujuan organisasi pemerintah. Aspek penting seperti penentuan syarat dan spesifikasi, penyesuaian dengan kebijakan pemerintah, dan penyusunan klausa-klausa penting akan dijelaskan secara detail.



2. Perumusan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam Bentuk Kwitansi, Bukti Pembayaran/Pembelian, dan Surat Pesanan

Materi ini menggali lebih dalam tentang dokumentasi dan formalitas yang terkait dengan kontrak pengadaan barang dan jasa. Peserta akan diajarkan cara efektif untuk merancang dan mengintegrasikan dokumen seperti kuitansi, bukti pembayaran, dan surat pesanan sebagai bagian integral dari kontrak pengadaan, sehingga memperkuat kekuatan hukum dan kemudahan audit.



3. Pelaksanaan Kontrak Pengadaan

Materi ini membahas prosedur dan strategi dalam pelaksanaan kontrak yang telah disepakati. Ini termasuk penanganan logistik, pemantauan timeline, serta koordinasi antar stakeholder. Peserta akan memperoleh pemahaman tentang bagaimana mengelola sumber daya, komunikasi, dan tanggung jawab yang terlibat dalam menjalankan kontrak sesuai dengan ketentuan yang disepakati.



4. Pengendalian Pelaksanaan Kontrak Pengadaan

Fokus dari Materi ini adalah pada teknik dan alat untuk mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan kontrak. Topik seperti audit berkelanjutan, laporan kemajuan, dan teknik pemecahan masalah akan dibahas untuk memastikan bahwa kontrak berjalan sesuai dengan rencana tanpa menyimpang dari tujuan awal.



5. Risiko Pengelolaan Kontrak Pengadaan

Materi terakhir ini mengajarkan peserta tentang identifikasi, analisis, dan mitigasi risiko yang mungkin muncul selama proses pengadaan dan pelaksanaan kontrak. Dari risiko keuangan, teknis, hingga operasional, peserta akan belajar bagaimana merencanakan langkah preventif dan reaktif untuk menghadapi potensi hambatan dalam kontrak pengadaan.



Waktu Pelaksanaan

5
Sesi
Pelatihan

22 - 26
Juli
2024

18.30
-
21.00 WIB

Biaya & Fasilitas

PROMO

Harga Normal

Rp. 1,750,000,-

Harga Promo

Rp. 450,000,-
Daftar Sekarang
  • Mengikuti kelas selama 5 Kali
  • Materi paparan
  • Peraturan Terkait
  • Kertas Kerja PPK
  • Draft Kontrak Pengadaan
  • E - sertifikat
  • Video Pembelajaran
  • Doorprize
  • Hadiah Akhir Tahun

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (30 September 2024): Laptop HP, 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 1,750,000,-
Harga Promo
Rp. 450,000,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya



Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Sofy : 081318886103
Wa Center : 08111326000

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 10

Total Pengunjung : 1,323