Rp. 285,000
Rp. 1,500,000
Daftar

Kelas Online

ADVANCED LEADERSHIP
FOR SUPERVISOR

3 sesi pelatihan online
10 - 12 April 2023
09:00 – 11:30 WIB


Latar Belakang

Supervisor adalah jabatan yang sangat strategis dalam suatu organisasi. Ia memiliki peran ganda. Di satu sisi ia adalah pemimpin yang harus membimbing, memotivasi dan mengendalikan karyawan. Disisi lain, ia adalah wakil manajemen yang harus mempertanggungjawabkan semua tugas yang diberikan pada bagiannya. Karena itulah, seorang supervisor dituntut bukan hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan manajerial, komunikasi, hubungan yang baik antar manusia serta pemecahan masalah. Namun, tidak semua orang terlahir dengan bakat menjadi pemimpin. Dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni agar seseorang mampu menjadi pemimpin yang baik di dalam perusahaan.

para pimpinan perusahaan dituntut agar selalu mengarahkan strateginya tepat sasaran berbasis peningkatan berkelanjutan dan terfokus pada aspek kepuasan pelanggan dan pelayanan prima, untuk mencapai hal diatas seorang supervisor setidaknya memiliki satu kesamaan yaitu tanggung jawab untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan grup yang mereka memimpin. Untuk melaksanakan fungsi kepemimpinan ini maka sebagai pemimpin harus mampu belajar dari pengalaman, mampu mendengar, bersikap asertif, mampu memfungsikan feedback, mampu mengelola stres yang mungkin timbul di tempat kerja, mampu menjalin hubungan dengan atasan atau rekan kerja, dan sebagainya. Pemimpin yang efektif adalah yang mampu menyelaraskan gayanya dengan situasi dan bawahan. Semua ini diperlukan untuk mengenali tantangan yang ada dan meraih tujuan organisasi. Oleh karena itu, kemampuan bekerja sama dan mengembangkan bawahan mutlak diperlukan oleh seorang pemimpin

Selain keharusan untuk menguasai teknis pekerjaannya, setiap atasan dituntut untuk memiliki sikap kepemimpinan,penyambung strategy manajemen perubahan serta kemampuan mengawasi anak buah, mengelola waktu dan kemampuan problem solving yang memadai. Fenomena yang sering terjadi Sebelum dipromosikan menjadi pemimpin biasanya karyawan terpilih, karena memiliki kemampuan teknis yang bagus dan disiplin berprestasi di bidang kerjanya. Namun setelah mereka promosi menjadi Supervisor tidak mampu memimpin bawahannya bekas rekan kerja yang yang terkadang lebih tua usianya. semangat dan motivasinya pun menurun tentunya berdampak buruk pada kepada kinerja perusahaan.

Untuk itu, agar. menjadi atasan tidak hanya melalui pengalaman awam saja atau berbekal “SK” , maka siapapun karyawan yang dipercaya memegang jabatan atasan, perlu memiliki dasar kompetensi sebagai atasan dengan diperkenalkan ilmu mengenai hal itu dan dilatihkan keterampilan seni penerapannya. Kenyataan seringkali kita mengamati seorang karyawan di level Supervisor bersikap pasif dan menunggu perintah dari atasannya. Mereka terkadang merasa sungkan untuk proaktif. Bahkan beberapa tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Mereka lebih memilih untuk membiarkan bawahan mereka yang mengambil keputusan atau melempar tanggung jawab.

Beberapa dari Supervisor ini tidak tahu cara untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan fungsi dan jabatan mereka. Parahnya, mereka mendelegasikan kepada bawahan tanpa memberikan cara (know how) atau mem-brief solusinya. Pelatihan ini akan membahas dan membekali bagaimana mencapai sukses dan menjadi leader & Supervisor unggul di tengah tajamnya persaingan global.

SASARAN PROGRAM

  • Memahami Peran dan Fungsi Supervisor
  • Memahami kedudukan supervisor dalam organisasi dan mampu menerapkan karakteristik perilaku supervisor unggul.
  • Menyusun rencana kerja yang efektif, menentukan titik kritis, mengelola sumber daya, menerjemahkan sasaran perusahaan, menjadi rencana kerja yang tepat sasaran.
  • 4 tipe pemimpin, mengembangkan kepemimpinan situasional berdasarkan tingkat kemandirian bawahan, meningkatkan hubungan dengan bawahan, pendelegasian yang efektif
  • Membangun misi pemimpinan, Menembus zona nyaman, Membangun misi kepemimpinan, 7 kebiasaan pemimpin
  • mengenal gaya sosial diri sendiri dan orang lain, Pengaruh Motivasi, Kiat-kiat Memotivasi
  • Tips dan Teknik komunikasi di tempat kerja, dan dapat berkomunikasi secara assertive, serta Membangun konsensus,
  • Tips dan Teknik membangun kerja sama tim, penugasan dan pendelegasian
  • Memahami Teknik coaching, Teknik pengembangan bawahan, Dasar – dasar keterampilan feedback terhadap bawahan

Tujuan akhir dari Training Leadership for new Supervisor bukan untuk sekedar menambah pengetahuan dan keterampilan tetapi untuk diterapkan hingga mendapatkan kontribusi manfaat yang nyata bagi perbaikan perusahaan dengan meningkatnya, penjualan produktivitas, kapasitas dengan konsep pelayanan prima sehingga mampu menerjemahkan konsep manajemen perubahan dan kebijakan top Manajemen, sehingga laba perusahaan meningkat.

STRATEGI PROGRAM

  • 60% landasan teori
  • 40% studi kasus

Lama Program

  • 3 hari pertemuan ( 2.5 Jam / Day )

KONSULTAN

  • SURACHMAN

AGENDA HARI KE. 1

  • KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI SUPERVISOR
  • MANAJEMEN PERUBAHAN
  • MANAJEMEN & KEPEMIMPINAN
  • PERENCANAAN DAN PENETAPAN SASARAN KERJA


AGENDA HARI KE. 2

  • PENGENDALIAN WAKTU KERJA
  • KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
  • PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • PEMBERDAYAAN BAWAHAN


AGENDA HARI KE. 3

  • PEMBERDAYAAN BAWAHAN
  • MENINGKATKAN PENGARUH DAN MOTIVASI
  • MEMBANGUN TIM KERJA MANDIRI


Rundown Hari ke 1 ( 2.5 Jam )

30 Menit

Karakteristik dan kompetensi Supervisor

  1. Kedudukan supervisor adalah jembatan
  2. Karakteristik supervisor
  3. Senjata untuk menjawab peran dan tanggung jawab
  4. Kompetensi utama supervisor
  5. Membangun visi team kerja
  • Perspektif Perusahaan : Supervisor sebagai penerjemah strategi menjadi aksi
  • Perspektif Individu : supervisor sebagai jembatan menuju karir lebih tinggi
  • Wewenang,Pengangkatan (struktural), Keahlian (expert), Hubungan (relasi), Kharisma
  • Latihan Kompetensi supervisor Latihan SWOT Analysis sebagai Supervisor


60 Menit

Manajemen perubahan

  1. Mengapa kita harus melakukan perubahan
  2. Mengapa sulit berubah Fokus perubahan
  3. Konsolidasi perubahan
  4. Slogan Inovasi
  • Apakah jika anda market leader maka anda profit leader ?
  • Hukum perubahan jika anda ingin mendapatkan hasil A pakai cara A
  • Latihan asset berbentuk dan aset tidak berbentuk
  • Latihan Konsolidasi perubahan Slogan Inovasi


60 Menit

Manajemen dan kepemimpinan

  1. Fungsi kepemimpinan
  2. Membangun focus team kerja
  3. Apa bedanya perusahaan dengan Bus Malam
  4. Tuntutan terhadap supervisor
  5. Gaya kepemimpinan
  • Apa yang membuat tokoh ini mereka berbeda
  • Kepemimpinan itu Seni untuk membuat orang lain melakukan sesuatu dengan cara yang Anda dan mereka inginkan
  • Perusahaan tidak melahirkan superman tapi super team
  • Latihan Studi kasus gaya kepemimpinan


Rundown Hari ke 2 ( 2,5 Jam )

30 Menit

Perencanaan dan penetapan sasaran kerja

  1. Dashboard sebagai alat ukur kinerja
  2. Pentingnya pengukuran
  3. Penetapan sasaran kerja
  4. Identifikasi kegiatan Strategy inisiatif
  5. Analisa keberhasilan kinerja Analisis penugasan atasan
  6. PHP Diagram
  • Pentingnya pengukuran kinerja
  • Data – Informasi – Keputusan bisnis
  • Perencanaan Seperti apa hasil yang diharapkan?
  • Apa pekerjaan yang harus dilakukan?
  • Cara terbaik mana untuk melakukannya
  • Latihan membuat strategy kegiatan penunjang
  • Latihan membuat analisa keberhasilan Perencanaan kinerja


60 Menit

Pengendalian waktu kerja

  1. Sifat dan karakter asset waktu
  2. Dari waktu yang tersedia aktivitas apa yang akan anda lakukan
  3. Pedoman langkah
  4. Matrik waktu
  5. Manajemen waktu
  6. Time manajemen & Stress manajemen
  7. Kiat manajemen waktu
  • Setiap orang memiliki waktu sama 24 jam dalam 1 hari
  • Hambatan apa saja yang anda alami saat manajemen waktu
  • Manajemen waktu adalah proses analisa dan perencanaan penggunaan waktu secara tepat agar dapat mencapai sasaran-sasaran secara efisien dan efektif.
  • Latihan Pedoman manajemen waktu


60 Menit

Komunikasi yang efektif di tempat kerja

  1. Dengan siapa saja kita berkomunikasi di tempat kerja
  2. Definisi komunikasi
  3. Kasus pelaporan
  4. Urutan pelaporan
  5. Komunikasi dalam organisasi
  6. Komunikasi management plan
  • Apakah anda pernah mengalami miss komunikasi apa dampaknya ?
  • KepemimpinanKomunikasi Verbal Lisan dan tertulis
  • Laporan Menginformasikan dan konsultansi
  • Latihan membuat Communication management plan


Rundown Hari ke 3 ( 2.5 Jam )

60 Menit

Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan

  1. Apa itu masalah
  2. Peningkatan berkelanjutan
  3. Jebakan pemecahan masalah tanpa data
  4. Prinsip pemecahan masalah
  5. Analisa masalah
  6. Evaluasi dan monitoring
  7. Peningkatan berkelanjutan
  • Gunakan 3 Jangan dalam pemecahan masalah
  • Orang bukan masalahnya!
  • Menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan permasalahan
  • Bahkan, cenderung untuk menutupi permasalahan
  • Jadi, bila kita menginginkan karyawan ikut memecahkan masalah, jangan dipersalahkan
  • Latihan Analisa dengan teknik 5W
  • Latihan membuat Rencana tindakan perbaikan


30 Menit

Pemberdayaan karyawan dg Coaching & Counseling

  1. Mengenal 4 kriteria bawahan
  2. Pelatihan dengan metode Pufit
  3. Coaching & Counseling
  4. Sikap dasar Coaching
  5. Coaching terbaik dilakukan saat performance pegawai dalam keadaan tinggi tingginya
  • Teknik mengenali 4 Kriteria karyawan
  • Teknik dan tindakan
  • Formulir pemberdayaan Pufit
  • Latihan Formulir Pufit Samudera Indonesia
  • Sikap coaching
  • Video Coaching
  • Rule Play Coaching


30 Menit

Meningkatkan pengaruh motivasi

  1. Sifat – sifat dasar manusia
  2. Hubungan dengan orang lain
  3. Kelebihan dan kelemahan
  4. terhadap supervisor
  5. Sikap penghancur semangat
  6. Peran supervisor dalam motivasi
  • Untuk mencapai suatu tujuan apa yang dirubah layar atau angin
  • Dalam bekerja pegawai yang datang dari latar belakang yang berbeda-beda maka karakternya pun berbeda
  • Latihan dengan DISC


30 Menit

Membangun team kerja Mandiri

  1. Bagaimana semua orang dalam organisasi
  2. Perusahaan tidak memerlukan superman tapi Super team
  3. Team work
  4. Motivasi
  5. Penghancur semangat
  • Game Kata sambung
  • Fim Semut
  • Game kalah menang
  • Game Quality
  • Game Membangun menara


METODE, Interaktif dimana peserta dengan bimbingan instruktur membahas hal-hal yang bersifat praktis serta membahas permasalahan yang sering dihadapi para peserta dan Presentasi materi, diskusi, analisa kasus, presentasi kelompok, tugas latihan.

BIODATA KONSULTAN

SURACHMAN. ST.,MT merupakan Profesional Consultant yang memfokuskan diri pada bidang SDM & Quality Improvement yang telah membantu banyak perusahaan industri manufaktur dan jasa berskala nasional dan multinasional. Surachman berpengalaman dalam implementasi program peningkatan produktivitas,Quality improvement & development, efisiensi dan cost reduction, operation management. Surachman memiliki latar belakang Sarjana Teknik Mesin, dan Magister Teknik Industri, Sebagai lulusan AOTS Association for Overseas Technical Scholarship Japan. Yokohama Kenshu center pada bidang Quality Improvement. Surachman memiliki pengalaman sebagai praktisi industri lebih dari 22 tahun Sebagai General Manager serta 12 tahun sebagai konsultan, yang telah membantu banyak perusahaan Nasional dan Multinasional dalam program peningkatan daya saing perusahaan.

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (30 Juni 2023): Smart TV 40 Inch, Printer, Uang Tunai Rp. 500.000,- , Pulsa Senilai Rp. 300.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2023): 1 Unit Sepeda Motor Listrik (Gesit), 1 Unit Handphone Samsung, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-, Pulsa Senilai Rp. 300.000,-

Berapa Investasi Kelas Online ini ?

Kegiatan sejenis biasanya seharga :

Rp. 1,500,000,-

Saat ini kami berikan Harga Khusus sebesar :

Rp. 285,000,-

Harga dapat NAIK sewaktu-waktu! Manfaatkan dan TAKE ACTION SEKARANG!

Promo ini Terbatas, segera Amankan Seat Anda.

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 1,500,000,-
Harga Promo
Rp. 285,000,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya


Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Rahmi : 08111565770

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 1

Total Pengunjung : 2,500