Rp. 7,500,000
Daftar

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi - BNSP

AHLI MANAJEMEN KONTRAK
Spesialis Pengadaan Jasa Konstruksi Pemerintah

E - learning dan Webinar : 12 - 18 September 2023
3 Hari Tatap Muka : 19 - 21 September 2023
Uji Kompetensi - BNSP : 22 September 2023

Latar Belakang

Di era modern ini, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama dalam agenda pembangunan berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa sektor konstruksi memegang peran penting dalam pembangunan tersebut. Berkaitan dengan hal ini, pengadaan jasa konstruksi menjadi salah satu elemen kunci dalam proses pembangunan. Dalam proses pengadaan jasa konstruksi, manajemen kontrak menjadi elemen penting yang menjamin kelancaran dan efektivitas proses tersebut.

Manajemen kontrak adalah proses dimana pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak bekerja sama untuk mencapai tujuan kontrak tersebut. Dalam konteks pengadaan jasa konstruksi, manajemen kontrak melibatkan koordinasi dan pengawasan berbagai aspek, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penyelesaian proyek konstruksi.
Namun, seringkali terjadi berbagai permasalahan dalam proses pengadaan jasa konstruksi, mulai dari penyusunan kontrak yang tidak tepat, pengawasan proyek yang kurang efektif, hingga penyelesaian proyek yang tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada kekurangan dalam kompetensi manajemen kontrak, khususnya di sektor pemerintahan.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) telah menetapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagai acuan dalam proses pengadaan jasa konstruksi. SKKNI ini mencakup berbagai aspek, mulai dari perencanaan, pengadaan, pelaksanaan, hingga penyelesaian proyek konstruksi. Sayangnya, tidak semua pelaku pengadaan jasa konstruksi memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup mengenai SKKNI ini.

Melihat kondisi tersebut, kami merasa perlu untuk menyelenggarakan Program Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi - BNSP Manajemen Ahli Kontrak – Spesialis Pengadaan Jasa Konstruksi Pemerintah. Program ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam manajemen kontrak pengadaan jasa konstruksi, sekaligus mempersiapkan para pelaku pengadaan jasa konstruksi untuk mendapatkan sertifikasi dari BNSP.

Dengan adanya program ini, diharapkan para pelaku pengadaan jasa konstruksi, khususnya di sektor pemerintah, dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pengadaan jasa konstruksi, serta dapat mencapai tujuan proyek konstruksi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Maksud

Program Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi - BNSP Manajemen Ahli Kontrak – Spesialis Pengadaan Jasa Konstruksi Pemerintah ini dirancang dengan tujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang diperlukan dalam manajemen kontrak pengadaan jasa konstruksi. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai aspek manajemen kontrak, mulai dari perencanaan, penyusunan kontrak, pengawasan, hingga penyelesaian proyek. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta dalam mendapatkan sertifikasi kompetensi dari BNSP, sebagai bukti bahwa mereka telah memenuhi standar kompetensi kerja yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tujuan

Program ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai, di antaranya:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang proses dan teknik dalam manajemen kontrak pengadaan jasa konstruksi pemerintah, termasuk landasan hukum, regulasi, dan implementasi dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
  2. Meningkatkan keterampilan peserta dalam melakukan berbagai proses manajemen kontrak, seperti penyusunan spesifikasi dan HPS, perancangan kontrak, pengendalian kontrak, dan penyelesaian masalah kontrak.
  3. Mempersiapkan peserta untuk uji kompetensi BNSP, sehingga mereka dapat mendapatkan sertifikasi kompetensi dalam bidang manajemen kontrak pengadaan jasa konstruksi pemerintah.
  4. Mendorong peningkatan kualitas dan efisiensi dalam pengadaan jasa konstruksi di sektor pemerintahan, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan infrastruktur.
  5. Membantu peserta dalam mengidentifikasi dan mengatasi berbagai risiko dan permasalahan hukum yang mungkin terjadi dalam kontrak konstruksi, sehingga mereka dapat melakukan mitigasi risiko dan penyelesaian masalah dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan mencapai tujuan-tujuan tersebut, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dan sektor konstruksi secara umum, serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pembangunan infrastruktur.

PROGRAM PELATIHAN

Program pelatihan ini dirancang khusus untuk sektor konstruksi, dan memberikan penekanan pada berbagai aspek penting yang relevan dengan pengadaan jasa konstruksi. Tujuan utamanya adalah untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menguasai dan memahami hal-hal berikut:

  1. Landasan Hukum dan Regulasi dalam Pengadaan Jasa Konstruksi: Peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang hukum dan regulasi yang mengatur pengadaan jasa konstruksi. Ini akan mencakup peraturan perundang-undangan nasional dan lokal, serta regulasi industri yang relevan.
  2. Implementasi Sistem Manajemen Mutu Konstruksi (SMKK) dalam Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi: Peserta akan mempelajari bagaimana cara menerapkan dan mengimplementasikan SMKK dalam pekerjaan konstruksi, untuk menjamin kualitas pekerjaan dan hasil akhirnya.
  3. Penerapan dan Implementasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam Pengadaan Jasa Konstruksi: Pelatihan ini akan membantu peserta dalam memahami dan menerapkan TKDN, sebuah konsep yang mendorong penggunaan barang dan jasa lokal, dalam pengadaan jasa konstruksi.
  4. Penerapan Swakelola pada Sektor Konstruksi: Peserta akan belajar bagaimana cara menerapkan prinsip swakelola dalam konteks sektor konstruksi, yang melibatkan pengelolaan proyek secara mandiri oleh pihak pemerintah atau organisasi, tanpa melibatkan pihak ketiga.
  5. Teknis Penyusunan Spesifikasi dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Jasa Konstruksi: Peserta akan belajar teknik dan metode untuk menyusun spesifikasi proyek dan HPS yang efektif dan efisien, sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.
  6. Menyusun Rancangan Kontrak Jasa Konstruksi: Modul ini akan membahas bagaimana menyusun perancangan kontrak yang tepat dan sesuai dengan hukum, serta bagaimana mencakup semua aspek penting dari proyek.
  7. Pelaksanaan dan Pengendalian Kontrak Jasa Konstruksi: Peserta akan belajar tentang prosedur dan teknik untuk melaksanakan dan mengendalikan kontrak jasa konstruksi, termasuk penyelesaian masalah dan mitigasi risiko.
  8. Mampu Menyelesaikan Berbagai Permasalahan Kontrak Jasa Konstruksi: Peserta akan dilatih untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin muncul dalam kontrak jasa konstruksi, termasuk permasalahan teknis, hukum, dan manajemen.
  9. Mitigasi Risiko dan Permasalahan Hukum dalam Kontrak Konstruksi: Modul ini akan membahas teknik dan strategi untuk mitigasi risiko dan permasalahan hukum dalam kontrak konstruksi.
  10. Serah Terima berdasarkan Kontrak Konstruksi: Peserta akan belajar tentang prosedur dan standar yang tepat untuk melakukan serah terima proyek berdasarkan kontrak konstruksi.

METODOLOGI PELATIHAN

Program pelatihan ini dirancang dengan model Blended Learning, yaitu kombinasi dari pembelajaran online dan offline (tatap muka). Berikut adalah metodologi yang akan digunakan:

1. Kelas Online : Melalui platform webinar atau e-learning, materi pelatihan akan disampaikan secara interaktif oleh instruktur yang berpengalaman. Materi akan disajikan dalam bentuk presentasi, video, dan diskusi interaktif. Peserta dapat mengakses materi dan sesi pelatihan dari mana saja, kapan saja, selama mereka memiliki akses ke internet.

2. Tatap Muka: Pelatihan tatap muka akan dilakukan untuk melengkapi pembelajaran online. Dalam sesi ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan instruktur dan peserta lainnya, membahas studi kasus, dan melibatkan diri dalam latihan-latihan praktis.


3. Studi Kasus dan Latihan Praktis: Untuk memastikan peserta benar-benar memahami dan mampu menerapkan materi yang telah dipelajari, mereka akan diberikan studi kasus dan latihan praktis yang berkaitan dengan pengadaan jasa konstruksi. Dengan metode ini, peserta akan mendapatkan pengalaman nyata dan mendalam terkait proses dan tantangan yang ada di lapangan.

4. Diskusi dan Tanya Jawab: Untuk memfasilitasi interaksi dan pembelajaran antar peserta, sesi diskusi dan tanya jawab akan diselenggarakan secara reguler. Sesi ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman, bertanya, dan mendapatkan feedback dari instruktur dan peserta lainnya.

5. Uji Kompetensi: Setelah menyelesaikan seluruh materi dan latihan, peserta akan mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh BNSP. Uji kompetensi ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana peserta memahami dan mampu menerapkan konsep dan teknik yang telah diajarkan dalam pelatihan.

6. Feedback dan Evaluasi: Setelah selesai pelatihan, peserta akan diminta untuk memberikan umpan balik tentang pelatihan dan juga melakukan evaluasi terhadap pemahaman dan keterampilan mereka. Feedback ini akan digunakan untuk peningkatan dan penyempurnaan program pelatihan di masa mendatang.

Metodologi ini dirancang untuk memastikan bahwa peserta mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang manajemen kontrak pengadaan jasa konstruksi dan siap untuk uji kompetensi BNSP.

Hard Skill

  • Pengetahuan tentang landasan hukum dan regulasi dalam pengadaan jasa konstruksi: Peserta akan memahami undang-undang, peraturan, dan kebijakan terkait dengan pengadaan jasa konstruksi di pemerintahan.
  • Teknis Penyusunan Spesifikasi dan HPS Jasa Konstruksi: Peserta akan memiliki keterampilan dalam menyiapkan spesifikasi dan HPS untuk kontrak konstruksi.
  • Pengetahuan tentang cara penyusunan dan pengendalian kontrak jasa konstruksi: Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana merancang dan mengendalikan kontrak konstruksi.
  • Keterampilan dalam implementasi SMKK dan TKDN dalam pengadaan jasa konstruksi.
  • Pengetahuan tentang serah terima berdasarkan kontrak konstruksi: Peserta akan belajar bagaimana melakukan serah terima proyek secara efisien dan efektif berdasarkan kontrak konstruksi.

Soft Skill

  • Keterampilan Manajemen Risiko: Peserta akan belajar bagaimana mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko dalam pengadaan jasa konstruksi.
  • Keterampilan Problem-Solving: Dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul selama proses kontrak jasa konstruksi, peserta akan belajar bagaimana mencari solusi yang efektif dan efisien.
  • Keterampilan Komunikasi: Selama proses kontrak, peserta perlu berinteraksi dengan berbagai pihak. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi yang baik sangat penting, baik dalam negosiasi, mediasi, maupun koordinasi tugas.
  • Keterampilan Manajemen Proyek: Melalui pelatihan ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menutup proyek konstruksi dengan baik.
  • Keterampilan Kerja Sama Tim: Dalam proyek konstruksi, kerja sama tim sangat penting. Peserta akan belajar bagaimana bekerja efektif dalam tim, termasuk koordinasi tugas, manajemen konflik, dan kerja sama untuk mencapai tujuan proyek.

Materi

Landasan Hukum dan Regulasi dalam Pengadaan Jasa Konstruksi

implementasi SMKK Dalam Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi

Penerapan dan Implementasi TKDN dalam Pengadaan Jasa Konstruksi

Penerapan Swakelola pada sektor Konstruksi


  • Persiapan Pengadaan Jasa Konstruksi
  • Pelaksanaan Pengadaan Jasa Konstruksi

Teknis Penyusunan Spesifikasi dan HPS Jasa Konstruksi


  • Melakukan kajian spesifikasi teknis
  • Menganalisis kesesuaian spesifikasi teknis
  • Menetapkan tujuan dan prioritas analisis pasar
  • Melakukan analisis pasar
  • Menetapkan harga perkiraan

Dokumen dan Menyusun Rancangan Kontrak Jasa Konstruksi


  • Mengidentifikasi isi/materi pokok kontrak
  • Menentukan jenis kontrak
  • Membuat rancangan kontrak
  • Validasi rancangan dokumen kontrak
  • Finalisasi dokumen kontrak

Pelaksanaan, dan Pengendalian Kontrak Jasa Konstruksi


  • Mengidentifikasi titik kritis dalam pelaksanaan kontrak
  • Menyusun rencana pengelolaan pelaksanaan kontrak
  • Melakukan persiapan pengendalian kontrak
  • Melakukan pengendalian kontrak
  • Reviu pelaksanaan kontrak

Mitigasi Risiko dan Permasalahan Hukum dalam Kontrak Konstruksi


  • Mengidentifikasi risiko
  • Melakukan pengendalian risiko
  • Memonitor pelaksanaan pengendalian risiko
  • Permasalah Hukum dan Solusinya

Serah Terima Hasil Pekerjaan berdasarkan Kontrak Konstruksi


  • Melakukan persiapan penerimaan hasil pengadaan barang/jasa
  • Melakukan pemeriksaan hasil pengadaan barang/jasa
  • Membuat berita acara serah terima hasil pekerjaan
TARGET PESERTA

Program pelatihan dan sertifikasi ini ditujukan untuk berbagai kelompok profesional yang terlibat atau berkepentingan dalam pengadaan jasa konstruksi pemerintah, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  • 1. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK): Mereka bertanggung jawab untuk melaksanakan proses pengadaan mulai dari perencanaan hingga serah terima. Pelatihan ini akan membantu mereka dalam memahami dan mengelola kontrak pengadaan dengan lebih efektif dan efisien.
  • 2. Profesional di Bidang Pengadaan: Termasuk pengelola dan staf pengadaan, konsultan pengadaan, dan lainnya yang terlibat dalam proses pengadaan barang/jasa di sektor pemerintahan.
  • 3. Pengelola Proyek dan Manajer Proyek: Mereka yang terlibat dalam manajemen dan koordinasi proyek konstruksi akan mendapatkan manfaat dari pemahaman yang lebih baik tentang manajemen kontrak dan proses pengadaan.
  • 4. Profesional Hukum dan Konsultan Hukum: Mereka yang memberikan nasihat hukum atau mendukung aspek hukum dari kontrak konstruksi juga akan mendapat manfaat dari pelatihan ini.
  • 5. Para Penyedia Jasa Konstruksi: Pelaku industri yang sering berinteraksi dengan pemerintah dalam konteks kontrak pengadaan akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ekspektasi dan prosedur yang berlaku.
  • 6. Auditor dan Penilai Kinerja: Mereka yang bertugas melakukan audit dan penilaian kinerja proyek pengadaan jasa konstruksi pemerintah juga akan mendapat manfaat dari pemahaman yang lebih dalam tentang proses tersebut.

Keutamaan Sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) :

  • Pengakuan Profesional: Sertifikat dari BNSP diakui secara nasional di Indonesia dan juga mendapatkan penghargaan di beberapa negara lain. Ini menunjukkan bahwa pemegang sertifikat memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memenuhi standar industri tertentu.
  • Keunggulan Kompetitif: Dalam pasar kerja yang kompetitif, sertifikat kompetensi dapat memberikan keunggulan kepada pemegangnya. Ini dapat menjadi faktor penentu dalam proses rekrutmen dan promosi pekerjaan.
  • Jaminan Kualitas: BNSP melakukan proses sertifikasi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Oleh karena itu, sertifikat ini menunjukkan bahwa pemegangnya memiliki kualitas dan kompetensi sesuai dengan standar tersebut.
  • Peningkatan Karir: Dengan memiliki sertifikat kompetensi, peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru atau promosi di tempat kerja saat ini bisa lebih besar. Sertifikat ini dapat dianggap sebagai bukti kompetensi dan kualifikasi profesional.
  • Peningkatan Kepercayaan: Sertifikat kompetensi dapat meningkatkan kepercayaan dari pemberi kerja, client, atau stakeholder lainnya. Mereka dapat merasa lebih yakin bahwa tugas dan tanggung jawab akan ditangani oleh profesional yang kompeten dan berkualitas.
  • Pembelajaran Berkelanjutan: Sertifikasi mendorong pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan profesional, karena membutuhkan pembaruan dan pengembangan kompetensi untuk mempertahankan sertifikat tersebut.

Biaya dan Fasilitas


Harga Normal

Rp. 8.500.000,-

Harga Khusus

Rp. 7.500.000,-
Daftar Sekarang
  • Fasilitas Peserta :
  • Mengikuti Kelas Online sebanyak 5 sesi Pertemuan
  • Mengikuti kelas Tatap Muka selama 3 Hari
  • Mengikuti Uji Kompetensi Ahli Kontrak – BNSP
  • 15 Modul Pembelajaran
  • Materi Paparan
  • Studi Kasus
  • Tas dan Kelengkapan Pelatihan
  • Sertifikat Pelatihan Kompetensi
  • Sertifikat Kompetensi BNSP (jika telah dinyatakan kompeten)
  • Video Pembelajaran
  • Doorprize Menarik
  • Jika lulus mendapatkan gelar non akademik CCMS

Tempat


Hotel Sunlake Sunter (Bintang 5) Jalan Danau Permai Raya - Jakarta

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (29 September 2023): Smart TV 32 Inch, 1 Unit Laptop, Uang Tunai Rp. 500.000,- , voucher Rp. 650.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2023): 1 Unit Sepeda Motor Listrik (Gesit), 1 Unit Handphone Samsung, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-, Pulsa Senilai Rp. 300.000,-
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran
  Rahmi

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 8,500,000,-
Harga Khusus
Rp. 7,500,000,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya


Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Rahmi : 08111161320

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 1

Total Pengunjung : 1,764