Rp. 1,250,000
Rp. 3,000,000
Daftar

Kelas Online

Bimbingan Persiapan dalam
Rangka Mengikuti Sertifikasi Kompetensi

Bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

16 Sesi Pertemuan Online
12 - 29 Oktober 2022
18:30 – 21:00 WIB

Latar Belakang

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah merupakan salah satu pihak atau personil yang diatur sebagai Pelaku Pengadaan (Pasal 8 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018). Peraturan tersebut menempatkan PPK sebagai pejabat yang diberi kewenangan oleh Pengguna Anggaran (PA) / Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk mengambil keputusan dan/atau melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja negara/anggaran belanja daerah (Pasal 1 angka 10 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018). Sehingga tindakan PPK dalam penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan bentuk pelimpahan kewenangan yang dimiliki oleh PA/KPA kepada PPK.

PPK merupakan pihak yang melaksanakan tugas berdasarkan pelimpahan kewenangan dan/atau penugasan yang diberikan oleh PA/KPA. Dengan memperhatikan uraian tugas sebagaimana yang telah dibahas tersebut di atas, maka dapat dipetakan beban kerja yang cukup berat yang harus dilaksanakan oleh PPK. Tugas PPK menuntut pemenuhan syarat kualifikasi, norma dan kompetensi yang harus dimiliki. Sehingga PA/KPA dalam mengangkat PPK tidak dapat sembarangan menetapkan personil untuk menjalankan distribusi kewenangan dan tugas tersebut.

Pelatihan ini Penting

Pelatihan ini didesain untuk menjawab kebutuhan rekan rekan yang berkecimpung dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, khususnya bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dimana PPK penting untuk memahami Materi yang berkaitan dengan Tugas dan Tanggung Jawabnya, serta penting untuk memiliki sertifikat Kompetensi PPK, yang ditargetkan dimiliki paling lambat pada tahun 2023.

Dengan adanya kebutuhan tersebut , maka hal hal yang penting untuk dipahami adalah :

  1. Materi Kompetensi PPK
  2. Bagaimana Menyusun Portofolio yang tepat dalam rangka mengikuti Uji Kompetensi
  3. Memahami berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti Uji Kompetensi

Target Peserta

  • Pengelola Pengadaan Barang/Jasa atau Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian/Lembaga /Perangkat Daerah;
  • Aparatur Sipil Negara/Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia; atau
  • personel selain yang dimaksud dalam huruf a dan huruf b di atas

Dengan mengikuti Pelatihan ini diharapkan para peserta

  1. Memiliki Pemahaman Materi kompetensi PPK berdasarkan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ)
  2. Memiliki kemampuan untuk menyusun Portofolio secara lebih benar
  3. Memahami Cara Menyusun Portofolio melalui Mekanisme Melakukan Kajian
  4. Memiliki gambaran hal hal yang menjadi materi Uji Kompetensi PPK

Dasar Hukum

  • Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021, Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Perubahan Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) bahwa PPK / Pokja Pemilihan / Pejabat Pengadaan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi di bidang Pengadaan Barang/Jasa paling lambat 31 Desember 2023;
  • Perlem LKPP

Materi Pelatihan PPK

  1. Ketentuan umum Ruang Lingkup Tugas dan Kompetensi PPK berdasarkan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ)
  2. Materi Kompetensi PPK Level 1
  3. Materi Kompetensi Perencanaan Pengadaan (level 2 & 3)
  4. Menyusun portofolio Perencanaan Pengadaan
  5. Materi Kompetensi Pengelolaan kontrak (level 2 & 3)
  6. Lanjutan Kompetensi Pengelolaan Kontrak
  7. Menyusun portofolio Pengelolaan kontrak
  8. Materi Kompetensi Pengelolaan Swakelola (level 2 & 3)
  9. Menyusun portofolio Pengelolaan swakelola
  10. Mengenal Portofolio dan membuat kajian Perencanaan Pengadaan
  11. Mengenal Portofolio dan membuat kajian Pengelolaan kontrak
  12. Mengenal Portofolio dan membuat kajian Pengelolaan swakelola
  13. Latihan Soal, studi Kasus, dan diskusi
  14. Sharing Sesion (Pengalaman Mengikuti Uji Kompetensi Pengadaan)

Tambahan Sesi Pendampingan dan Diskusi

  1. Diskusi Terkait Materi dan Portofolio
  2. Diskusi Terkait Materi dan Portofolio

Metode Belajar

  1. Pemaparan Narasumber
  2. Tugas dan Latihan
  3. Studi Kasus
  4. Evaluasi dan Pendalaman

Waktu

16 Sesi
Pertemuan
Online

12 - 29
Oktober
2022

18:30

21:00 WIB

Biaya

PROMO

Harga Normal

Rp.3,000,000,-

Harga Promo

Rp. 1,250,000,-
Daftar Sekarang
  • Mengikuti sesi Kelas Online sebanyak 14 sesi
  • Mengikuti 2 sesi Pendalaman dan Evaluasi
  • Materi Kegiatan
  • Berbagai Format untuk PPK
  • Rekaman Materi Pembelajaran
  • E - sertifikat
  • Doorprize menarik

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Hadiah QUIZ (pada saat acara) : Voucer Pelatihan Senilai Rp. 900.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2022) : 1 Unit Sepeda Motor NMAX, Uang Tunai Rp. 10.000.000,-

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 3,000,000,-
Harga Promo
Rp. 1,250,000,-
Email
Nama Lengkap Serta Gelar
No.Handphone
Instansi
Alamat


Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Marliana : 08111242824

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 6

Total Pengunjung : 918