Rp. 385,000
Rp. 1,750,000
Daftar

Kelas Online

BECOME AN EXCELLENT
TRAINER

Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Menjadi Trainer/Pelatih Profesional

4 Sesi Pelatihan
05 - 08 Juli 2022
13:00 – 15:00 WIB

PENDAHULUAN

Menjadi Trainer/Pelatih Profesional memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai dengan baik agar bisa dapat diterima dan dipahami oleh para peserta training. Kepelatihan Profesional merupakan suatu pengetahuan dan keterampilan untuk dapat mendidik, mengajar, melatih, dan mempengaruhi orang lain agar dapat melaksanakan tugas sesuai yang digariskan. Seorang trainer/Pelatih Profesional yang baik harus mampu menyiapkan perencanaan pelatihan dengan baik sampai mengevaluasi hasil kerja pelatihan. Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan tepat dan lengkap maka seorang Trainer/Pelatih harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan standar profesi yang berlaku.

SKKNI Nomor 161/2015 tentang Metodologi Pelatihan menjelaskan beberapa Unit Kompetensi yang perlu dikuasai oleh seorang Trainer/Pelatih Profesional. Untuk membentuk keterampilan yang berkualitas maka diperlukan proses berkesinambungan untuk mengasah dan menerapkannya sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Pengetahuan dan keterampilan yang perlu dikuasai antara lain: menyusun program pelatihan, menyusun modul pelatihan, merancang media pembelajaran, merencanakan penyajian materi pelatihan, melaksanakan pelatihan dan presentasi, mengelola bahan dan peralatan pelatihan, dan mengendalikan risiko K3 dalam pelatihan.

Salah satu langkah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai Trainer/Pelatih Profesional adalah dengan mengikuti pelatihan yang diperlukan sesuai dengan tujuan pelatihan yang digariskan. Dengan mengikuti pelatihan ini maka akan mendorong para Trainer/Pelatih untuk menambah peningkatan kapasitas diri sebagai Trainer/Pelatih yang mengedepankan sisi profesionalitas dan mampu bersaing dalam organisasi dan antar organisasi. Pelatihan ini juga dapat diikuti bagi para peserta yang ingin mengetahui dan mempersiapkan bukti dan portofolio asesmen pada LSP/BNSP. Apapun motivasi Anda, kini saatnya untuk segera memahami pengetahuan dan menguasai keterampilan sebagai Trainer/Pelatih Profesional.

TEMA

“BECOME AN EXCELLENT TRAINER” (Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Menjadi Trainer/Pelatih Profesional) ini berisi 10 materi pengetahuan dan keterampilan yang menarik dan dilengkapi dengan praktek virtual serta asesmen untuk memetakan keterampilan para peserta. Kesepuluh materi pelatihan adalah sebagai berikut:

  1. pengantar pemahaman SKKNI/BNSP;
  2. menyusun program pelatihan
  3. menyusun modul pelatihan
  4. merancang media pembelajaran
  5. merencanakan penyajian materi pelatihan
  6. melaksanakan pelatihan dan presentasi
  7. mengelola bahan dan peralatan pelatihan
  8. mengendalikan risiko K3 dalam pelatihan.

MATERI PELATIHAN

1. Pengantar Pemahaman SKKNI/BNSP


Memahami SKKNI/BNSP antara lain dengan cara memahami tentang pelatihan berbasis kompetensi yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Berfokus pada peserta, fokus pada pengetahuan keterampilan dan sikap, serta berfokus pada kemampuan untuk melakukan sesuatu.

2. Menyusun Program Pelatihan


Menyusun suatu program pelatihan yang menjelaskan nama pelatihan, jenis program, metode pelatihan, tujuan program, kemungkinan jabatan, standar kompetensi, persyaratan peserta dan instruktur, kurikulum dan silabus, daftar bahan dan peralatan pelatihan.

3. Menyusun Modul Pelatihan


Menyusun Buku Modul materi pelatihan yang berisikan materi dan kegiatan dalam pelaksanaan pelatihan untuk dapat mendistribusikan pengetahuan, memberikan kesempatan mempraktekkan, membangun keterampilan, dan rangkaian proses dibangunnya keterampilan sikap dan perilaku kerja sesuai tuntutan keterampilan yang dilatih.

4. Merancang Media Pembelajaran


Merancang media pembelajaran dengan cara merancang dan memvalidasi suatu strategi untuk media pembelajaran, memilih media pembelajaran, serta mengembangkan media.

5. Merencanakan Penyajian Materi Pelatihan


Merencanakan penyajian materi pelatihan dengan merancang sesi pembelajaran, mempersiapkan bahan/perlengkapan pembelajaran dan media yang digunakan, serta mengorganisasikan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan situasi yang pembelajaran.

6. Melaksanakan Pelatihan dan Presentasi


Melaksanakan pelatihan dan presentasi maka harus mengenali setiap siswa secara individu untuk mengetahui teknik mengajar yang efektif serta menjadikan lingkungan fisik & psikologis kelas nyaman dan ceria. Menjelaskan secara sederhana dan masuk akal dengan perlahan-lahan disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta pelatihan.

7. Mengelola Bahan dan Peralatan Pelatihan


Mengelola bahan dan peralatan pelatihan dengan membuat daftar bahan pelatihan dan peralatan pelatihan, menyiapkan bahan dan peralatan pelatihan, melayani penggunaan bahan pelatihan dan mendistribusi penggunaan peralatan, membuat laporan penggunaan bahan pelatihan, serta memelihara peralatan pelatihan.

8. Mengendalikan Risiko K3 dalam Pelatihan


Mengendalikan risiko K3 dalam pelatihan dengan cara menghilangkan suatu bahan/tahapan proses yang berbahaya, mengganti dari yang berbahaya dengan yang tidak berbahaya, melakukan perubahan atau modifikasi secara teknis sehingga sumber bahaya hilang.

Jumlah Hari dan Pembagian Sesi

Hari 1

Materi

1. Pengantar pemahaman SKKNI/BNSP
2. Menyusun program pelatihan

Metode

Ceramah, Diskusi, Praktek Virtual, Asesmen



Hari 2

Materi

3. Menyusun modul pelatihan
4. Merancang media pembelajaran

Metode

Ceramah, Diskusi, Praktek Virtual, Asesmen



Hari 3

Materi

5. Merencanakan penyajian materi pelatihan
6. Melaksanakan pelatihan dan presentasi

Metode

Ceramah, Diskusi, Praktek Virtual, Asesmen



Hari 4

Materi

7. Mengelola bahan dan peralatan pelatihan
8. Mengendalikan risiko K3 dalam pelatihan

Metode

Ceramah, Diskusi, Praktek Virtual, Asesmen



TARGET KEGIATAN

Menjadi Trainer/Pelatih yang lebih komunikatif dan interaktif.

Berkomunikasi suportif dengan baik agar lebih pro aktif

Mendapatkan insight baru dalam melatih

Memiliki kreativitas dan inovasi sebagai pelatih

TUJUAN KEGIATAN

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta mampu meningkatkan kapasitas kepelatihan dan pengembangan diri dengan menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap Trainer/Pelatih Profesional yang baik.


SASARAN KEPESERTAAN

Seluruh calon Trainer/Pelatih yang ingin mengetahui dan menguasai keterampilan profesional serta seluruh Pelatih/Trainer yang masih ingin recharge kembali beberapa pengetahuan dan keterampilan yang mengacu pada SKKNI/BNSP

OUTPUT KEGIATAN
  • Peserta dapat memahami dan memanfaatkan kemampuan kepelatihan
  • Peserta mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan kepelatihan
  • Peserta mendapatkan arah yang jelas untuk kompetensi kepelatihan
PEMATERI/NARASUMBER

DR. S. ASSERY, SE, MM, SH, CM, CT.NNLP, CT.BNSP, CA.BNSP
Alumnus Doktor Ilmu Manajemen Universitas Islam Indonesia, Certified Trainer BNSP, Certified Assessor BNSP, Certified Mediation Trainer, Certified Trainer NNLP Society, pengalaman 20 tahun sebagai praktisi manajerial (sejak staff, spv, mgr, sampai direksi), pengalaman 10 tahun sebagai konsultan manajemen, juga sebagai akademisi bidang manajemen.

Waktu

4 sesi
Pelatihan
Online

5 - 8
Juli
2022

13:00

15:00 WIB

Biaya

Rp 385,000,-
  • 4 sesi Pelatihan Online
  • Materi Pelatihan
  • Regulasi Terkait
  • Format & Dokumen
  • 4 Video Rekaman Pelatihan
  • E- Sertifikat
  • DoorPrize Menarik

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Hadiah QUIZ (pada saat acara) : Voucer Pelatihan Senilai Rp. 900.000,-
  • Dooprize ( 30 September 2022) : 1 Unit Televisi 32 Inch, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2022) : 1 Unit Sepeda Motor NMAX, Uang Tunai Rp. 10.000.000,-

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 1,750,000,-
Harga Promo

Rp. 385,000,-

Email
Nama Lengkap Beserta Gelar
No.Handphone
Instansi
Alamat


Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Sofy : 08111102991

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 34

Total Pengunjung : 1,030