Rp. 265,000
Rp. 1,500,000
Daftar

Kelas Online

Designing Key Performance Indicators For

Business
Improvement

3 Sesi Kelas Online
27 - 29 Januari 2022
18:30 – 21:00 WIB

Latar Belakang

Untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas Mengelola kinerja perusahaan secara efektif merupakan salah satu kiat kunci untuk meningkatkan bisnis ke arah yang lebih maju . Dalam konteks inilah, pengembangan Balanced scorecard & key performance indicator (KPI) yang sistematis makin dirasa sebagai sebuah kebutuhan yang nyaris tak terelakkan. KPI sendiri merupakan serangkaian indicator kinerja kunci dari implementasi strategi bisnis yang bersifat terukur, dan memberikan informasi kepada kita sejauh mana kita berhasil mencapai strategi tersebut. Namun, menurut majalah Fortune “hanya kurang dari 10% strategi bisnis berhasil diimplementasikan secara efektif. Hal ini bukan disebabkan karena bad strategy, tetapi terutama karena bad execution. Maka KPI sangat dibutuhkan untuk mendrive kinerja agar lahir strategy inisiatif atau terobosan bukan hanya mengerjakan pekerjaan rutin. Kpi ibarat kendaraan seperti sebuah dashboard, Kpi untuk mengukur kinerja organisasi, harus bersipat terukur karena jika kita tidak dapat mengukur suatu kinerja maka kita tidak dapat mengetahuinya, jika kita tidak dapat mengetahuinya maka tidak dapat memanajemininya, apabila kita tidak dapat memanajemeninya maka kita tidak dapat meningkatkannya.

Pada prinsipnya, Balanced Scorecard adalah konsep yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan. Balanced Scorecard telah menjadi salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan, dengan mengkombinasikan pengukuran-pengukuran tradisional yang menggunakan parameter finansial dengan pengukuran-pengukuran yang bersifat non-finansial secara seimbang, dengan menggunakan empat perspektif, yaitu : perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan sumber daya manusia (SDM).

Fokus dari balanced scorecard adalah untuk meningkatkan proses manajemen dalam klarifikasi dan translasi dari visi dan strategi. Selain itu juga untuk komunikasi dan hubungan tujuan dan ukuran strategi, rencana set target dan aliansi inisiatif strategi, serta untuk mencapai dan mempelajari strategi feedback.

Dalam pelatihan ini akan dipelajari bagaimana menyusun Kep Performance Inidicator berbasis balance scorecard tingkat perusahaan, tingkat departmen, dan tingkatan individual. Yang tidak kalah pentingnya adalah menyusun rencana strategis untuk mencapai KPI serta review dan monitoring hasil pencapaian KPI. Dipelukan kerja sama lintas departmen untuk mencapai Kpi agar dalam menterjemahkan sasaran kinerja dari top menajemen level departemen level sampai individual level direncanakan bersama agar bergerak pada arah yang sama untuk mencapai sasaran perusahaan.

SASARAN PROGRAM

Setelah mengikuti pelatihan peserta diharapkan mampu untuk

  • Memahami konsep dasar Balanced Scorecard sebagai management tools untuk mencapai visi , melaksanakan misi dan sasaran korporat.
  • Menyamakan persepsi seluruh jajaran di korporat sehingga setiap anggota dapat mensinkronkan langkah stratejiknya dengan fungsi – fungsi lainya dalam manajemen sehari hari.
  • Mampu membuat Key Performance Indicator untuk departemennya dan untuk dirinya sendiri.
  • Memahami konsep dasar Key Performance Indicator dan Balanced Scorecard
  • Memahami bagaimana membangun strategy-focused organization
  • Memahami proses penyusunan Key Performance Indicators
  • Memahami proses penjabaran KPI Perusahaan menjadi Departmental dan Individu
  • Memahami langkah-langkah implementasi KPI
  • Mempelajari pentingnya pengukuran dalam proses bisnis
  • Membahas pergeseran fokus strategi
  • Menganalisa hambatan melaksanakan strategi
  • Memahami metode menyusun rencana kerja praktis
  • Improvement job
  • Routine job
  • Mampu merancang improvement job spesifik
  • Memahami cara perhitungan KPI
  • Memahami bobot KPI
  • Memahami KPI maximize dan KPI Minimize
  • Mampu melakukan perhitungan KPI
  • Memahami metode pengembangan karyawan dalam mencapai target KPI
  • Memahami bahwa atasan berperan pencapain pencapaian KPI karyawan
  • Mengembangkan program Coaching for KPI Implementation
  • Memahami metode review & monitoring KPI
  • Memahami bahwa penerapan KPI bagian dari perbaikan berkelanjutan
  • Memahami fungsi dan peran komite KPI
  • Memahami penentuan strategi inisiatif untuk Melakukan cara baru agar selaras dengan Tujuan organisasi
  • Menentukan ide solusi terpilih melalui decision making matric

Tujuan akhir dari KPI bukan untuk sekedar menambah pengetahuan dan ketrampilan tetapi untuk diterapkan hingga mendapatkan kontribusi manfaat yang nyata bagi perbaikan usaha seperti kualitas yang meningkat, peningkatan produktifitas melalui training Setting Performance Objectives and KPI serta menentukan ide strategi inisiatif terpilih dengan Metode decision making matric

STRATEGI PROGRAM



Pelatihan dan konsultansi ini akan dibawakan dengan metode :

  • 60% landasan teori
  • 40% study kasus
  • SURACHMAN. ST., MT.

Rundown hari ke 1 ( 2.5 Jam )

30 Menit

1. Membangun Fokus Organisasi

  1. Pentingnya pengukuran Organisasi
  2. Pergesera fokus strategy
  3. Keselarasan anggota organisasi terhadap strategy perusahaan
  4. Dampak dari tidak terintegrasinya organisasi
  5. Company Strategy development
  • Apa dampaknya apabila kendaraan yang anda pakai tidak ada dashboard ?
  • Jika anda tdk dapat mengukur suatu kinerja maka tidak bisa meningkatkan kinerja
  • Bagaima setiap orang dalam organisasi dapat bergerak pada arah dan tujuan yang sama
  • Dampak kegagalan yang muncul akibat gagalnya merancang KPI
  • Bagaimana kita mampu mendisain strategy menjadi aksi


60 Menit

2. Penyusunan KPI perusahaan KPI Deploymen

  1. Penjabaran strategy perusahaan
  2. Pentingnya rencana strategis
  3. Tips membuat sasaran strategy
  4. Proses penetapan target
  5. Penurunan strategy
  • Bila Anda gagal dalam merencanakan, maka Anda merencanakan kegagalan
  • Menterjemahkan strategi dan KPI menjadi “bahasa sederhana, agar setiap orang dapat memahaminya”.
  • KPI Harus bersifat terukur dan menantang target
  • Jangan menetapkan target yang terlalu muluk atau terlalu sedikit
  • Latihan penurunan strategy


60 Menit

3. Penyusunan Key Performance Indicators (Department KPI)

  1. Apa Kontribusi Kami terhadap Pencapaian KPI Perusahaan?
  2. Cascading KPI – Plant KPI ke Dept KPI
  3. Plant KPI ke Dept KPI – Step by Step
  4. PEC Diagram
  5. Cascading KPI – Indirect & Direct Method
  6. Performance Indicator vs Key Performance Indicators
  7. Penetapan Action Plan – Department Level
  • Bicara Quality adalah bicara uang
  • Upaya menghilangkan pemborosan (pengeluaran biaya tidak perlu) 🡺 disebut biaya non conformance (non conformance Cost
  • Contoh riset COQ Berbicara dengan data akan diubah menjadi informasi akan dijadikan keputusan bisnis
  • Bicara evaluasi jika hanya menggunakan % belum tentu berdampak searah dengan turunnya biaya
  • Uraian keuntungan tersembunyi dari aspek COQ
  • Latihan kelompok tentukan masalah COQ


Rundown hari ke 2 ( 2,5 Jam )

30 Menit

1. Penetapan Performace Indicator Kinerja Individual

  1. Key Performance Indicators (KPI)
  2. KPI Deployment
  3. Tingkatan Key Performance Indicators
  4. Berbagai bentuk ukuran KPI
  5. Measure Activity - Contoh
  6. KPI Game
  • Tingkatan Key Performance Indicators
  • Berbagai bentuk ukuran KPI
  • Contoh Key Performance Indicators (KPI)
  • Contoh : Cara Menentukan KPI
  • Latihan Cara menetukan KPI Individual


60 Menit

2. Penyusunan rencana kinerja Individual

  1. Penentuan Target KPI
  2. Proses penetapan Target
  3. Rencana kerja Action plan
  4. Action Plan – Project Improvement Job
  • Penetapan terget Pencapaian dimasa lalu (baseline)
  • Keinginan stakeholder (angka dapat ditentukan langsung oleh stakeholder)
  • Action Plan dapat berupa :
    1. Improvement Job
    2. Routine Job
  • Tindakan peningkatan/perbaikan dengan implementasi
  • Latihan membuat Action Plan


60 Menit

6. Simulasi perhitungan KPI

  1. Perhitungan akhir
  2. KPI Grade

6.1 Coaching for KPI Implementation

  1. KPI Management
  2. KPI Planning
  3. Coaching KPI
  4. Sikap dasar Coaching
  5. Mendokumentasikan kinerja
  6. Dokumen pengamantan kerja karyawan Lembar Kemajuan Kinerja
  • KPI Maximize
    1. KPI yang baik, semakin tinggi pencapaiannya
    2. contoh : profit, # of new customer
  • KPI MINIMIZE
    1. KPI yang baik, semakin kecil nilainya
    2. Contoh : # of complain, # of audit finding, # of product delay, cost ratio
    3. Perhitungan akhir
    4. Contoh KPI Grade
    5. Latihan Menghitung KPI
    6. KPI Planing adalah proses pencapaian kesepakatan antara atasan dan bawahan untuk menyelaraskan sasaran bawahan dengan sasaran organisasi
    7. Coaching KPI dilakukan atas hasil pengamatan (monitoring) dalam suatu periode.
    8. Karena Coaching KPI yang efektif, mengutamakan data dan fakta, bukan “ASUMSI”.
    9. Latihan membuat lembar kejuan kinerja


Rundown Hari ke 3 ( 2.5 Jam )

30 Menit

Membangun strategy inisiatif dengan decision matric

  • Pentingnya strategy inisiatif
  • Menentukan action plan untuk menjapai tujuan KPI yang presisi dan akurasi
  • Menentukan rutin Job & Improvement Job
  • Menentukan ranking ide solusi terpilih melaui matric solusi


60 Menit

KPI Review & Monitoring Aktifitas performance review KPI Review & Action Data tabel monitoring KPI

  • Memantau perkembagan laporan
  • Memberikan komunikasi
  • Sarana komunikasi
  • Mencari peluang perbaikan
  • Memperjelas tanggung jawab
  • Analisa GAP Corrective action,Prevention Action
  • Latihan membuat tabel monitoring KPI


60 Menit

Penetapan stretegy KPI

  1. Strategy penetapan team KPI
  2. Komitmen team manajemen senior
  3. Penetapan team proyek KPI
  4. Tugas utama team proyek
  5. Mengarsip ukuran kinerja & Pangkalan data
  • Team Berkomitmen mengembangkan dan mengarahkan KPI di perusahaan
  • Memberi kesempatan karyawan untuk mempalajari KPI
  • Mengunjungi organisasi lain yang sudah menerapkan KPI
  • Memberi umpan balik tentang faktor keberhasilan penerapan KPI
  • Mendukung penerapan KPI dalam hal penyediaan sumber daya dan dana
  • Mendukung Tim KPI untuk membangun pangkalan data dan sistem pelaporan KPI


BIODATA KONSULTAN

SURACHMAN. ST.,MT merupakan Profesional Consultant yang memfokuskan diri pada bidang, Strategy Organisasi. Balanced scorecard KPI, Cost Reduction Strategy, Quality & Productivity yang telah membantu banyak perusahaan berskala nasional dan multinasional. Surachman berpengalaman dalam implementasi program peningkatan produktivitas, Risk management, Quality improvement &people development, efisiensi dan cost reduction, operation management. Surachman memiliki latar belakang Sarjana Teknik Mesin, dan Magister Teknik Industri, Sebagai certified AOTS Association for Overseas Technical Scholarship Yokohama Kenshu center Japan. pada bidang Quality Improvement Surachman memiliki pengalaman sebagai praktisi industri lebih dari 22 tahun. Sebagai Deputy General Manager, Serta lebih dari 12 tahun sebagai konsultan manajemen, yang telah membantu banyak perusahaan Nasional dan Multinasional dalam program peningkatan daya saing perusahaan.

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Hadiah QUIZ (pada saat acara) : Voucer Pelatihan Senilai Total Rp. 900.000,-
  • Dooprize (31 Maret 2022) : 1 Unit Laptop, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2022) : 1 Unit Sepeda Motor NMAX, Uang Tunai Rp. 10.000.000,-

Berapa Investasi Kelas Online ini ?

Kegiatan sejenis biasanya seharga :

Rp. 1,500,000,-

Saat ini kami berikan Harga Khusus sebesar :

Rp. 265,000,-

Harga dapat NAIK sewaktu-waktu! Manfaatkan dan TAKE ACTION SEKARANG!

Promo ini Terbatas, segera Amankan Seat Anda.

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 1,500,000,-
Harga Promo
Rp. 265,000,-
Email
Nama Lengkap
No.Handphone
Instansi
Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Marliana : 08111242824

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 21

Total Pengunjung : 1,618