Daftar

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Pengadaan - BNSP

CERTIFIED PROCUREMENT
SPECIALIST (CPSP)

(Sertifikasi Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP))

Pilih Event CPSP 2024

Latar Belakang

Dalam era global saat ini, pengadaan barang/jasa telah mengemuka sebagai aspek kritis dalam operasional berbagai organisasi, mulai dari entitas pemerintahan, BUMN, Badan Layanan Umum, institusi pendidikan tinggi, perusahaan swasta, hingga berbagai entitas lainnya. Transformasi ini bermula dari perubahan paradigma yang sebelumnya hanya memandang sektor pengadaan sebagai bagian yang berfokus pada pembelian. Namun, dengan semakin luas dan kompleksnya jaringan pasokan global, fungsi pengadaan kini telah berevolusi menjadi elemen inti yang strategis mendefinisikan keberhasilan dan efisiensi operasional sebuah organisasi.

Proses pengadaan tidak hanya berkaitan dengan pembelian, namun juga melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan, analisis pasar, negosiasi, hingga evaluasi pasca pengadaan. Kesalahan dalam tahapan pengadaan dapat berujung pada kerugian finansial, reputasi, hingga potensi hambatan operasional.

Namun, pada kenyataannya, banyak organisasi yang belum mengoptimalkan proses pengadaan mereka. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya tenaga ahli atau profesional yang memiliki pemahaman komprehensif mengenai seluk-beluk pengadaan secara benar. Di sinilah peran pentingnya pendidikan dan sertifikasi kompetensi dalam bidang pengadaan barang/jasa, yang akan memberikan bekal pengetahuan secara komprehensif.

Menjawab kebutuhan tersebut, maka kami hadirkan suatu program Pelatihan dan sertifikasi Kompetensi dengan standar lisensi Nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dimana kurikulumnya telah disusun secara sistematis untuk menjawab kebutuhan tenaga Profesional Pengadaan Barang/Jasa di berbagai organisasi.

sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), menjadi bukti kompetensi dan standar kualitas seorang profesional dalam bidang pengadaan. Diakui secara nasional, sertifikasi ini menjamin bahwa pemegangnya telah memenuhi kriteria dan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui BNSP, memberikan jaminan kualitas bagi organisasi dan stakeholder terkait.

Dengan demikian, melalui pelatihan ini, para peserta tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam pengadaan barang dan jasa, namun juga sertifikat yang diakui secara nasional dari BNSP.

Peserta pelatihan akan mendapatkan gelar Non Akademik sebagai profesional dan ahli pengadaan “CPSP”, jika telah dinyatakan lulus.

TUJUAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI
  • Meningkatkan Kemampuan dan Keahlian: Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai proses pengadaan barang dan jasa serta meningkatkan keterampilan peserta dalam menerapkan konsep-konsep tersebut dalam praktik nyata.
  • Standarisasi Kompetensi: Melalui sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), diharapkan peserta memiliki standar kompetensi yang diakui secara nasional, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan stakeholder dalam proses pengadaan.
  • Peningkatan Kualitas Proses Pengadaan: Dengan tenaga ahli yang tersertifikasi, diharapkan proses pengadaan barang dan jasa di Indonesia menjadi lebih transparan, akuntabel, dan profesional.
  • Mempersiapkan SDM yang Adaptif: Melalui metode pelatihan seperti e-learning, webinar, dan studi kasus, peserta diajarkan untuk adaptif dengan perkembangan teknologi dan tantangan pengadaan di masa kini.
  • Peningkatan Reputasi dan Karir: Sertifikasi CPSP akan menjadi nilai tambah bagi individu dalam mendukung pekerjaannya di organisasi dan dapat menjadi jembatan untuk peluang karir yang lebih baik.
MANFAAT PELATIHAN
  • Peningkatan Kualifikasi Profesional: Dengan mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), peserta memvalidasi keahlian mereka dalam bidang pengadaan, yang meningkatkan kredibilitas profesional mereka.
  • Pengetahuan Komprehensif: Peserta akan memperoleh pemahaman mendalam tentang seluruh proses pengadaan, mulai dari perencanaan, penentuan spesifikasi, hingga evaluasi pasca pengadaan.
  • Praktik Terbaik dan Standar Industri: Pelatihan ini memastikan peserta diperkenalkan dengan praktik terbaik dan standar industri terkini dalam pengadaan barang dan jasa.
  • Keterampilan Praktis:Melalui metode pelatihan seperti studi kasus, simulasi, dan diskusi, peserta akan mengembangkan keterampilan praktis yang dapat diterapkan langsung di tempat kerja.
  • Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas:Dengan pemahaman yang lebih baik tentang proses pengadaan, peserta dapat membantu organisasi mereka mengurangi risiko, meminimalkan biaya, dan meningkatkan kualitas hasil pengadaan.
  • Jaringan Profesional:memberikan kesempatan untuk berjejaring dengan profesional lain dalam bidang pengadaan, yang bisa menjadi sumber informasi, peluang bisnis, atau kerjasama di masa depan.
  • Pemahaman Regulasi:Peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang regulasi dan hukum yang berlaku dalam pengadaan, memastikan kepatuhan dan menghindari potensi hukuman atau sanksi.
  • Peningkatan Kualitas Pengadaan:Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, peserta dapat memastikan bahwa proses pengadaan di organisasi mereka memenuhi standar kualitas yang tinggi.

14 MATERI PELATIHAN KOMPETENSI

  • Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa: Materi ini membahas analisis situasi dan lingkungan pengadaan, mencakup pemahaman terhadap kebijakan, regulasi, serta trend pasar yang mempengaruhi proses pengadaan.
  • Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa: Fokus pada teknik dan metode dalam mengidentifikasi kebutuhan organisasi, serta menyusun anggaran yang efisien berdasarkan kebutuhan tersebut.
  • Menyusun Spesifikasi Teknis: Peserta akan diajarkan bagaimana menyusun spesifikasi teknis yang jelas dan detail agar memenuhi standar dan kebutuhan organisasi, sekaligus memastikan kualitas produk atau jasa yang diperoleh.
  • Mengkaji Ulang Paket Pengadaan Barang/Jasa: Materi ini menjelaskan pentingnya melakukan review dan evaluasi terhadap paket pengadaan untuk memastikan semua elemen telah sesuai dan optimal.
  • Menyusun Dokumen Pengadaan Barang/Jasa: Proses penyusunan dokumen pengadaan yang komprehensif, termasuk dokumen tender, kontrak, dan lainnya, agar proses pengadaan dapat berjalan lancar.
  • Menyampaikan Penjelasan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa: Memahami teknik dan metode komunikasi efektif dalam menyampaikan isi dokumen pengadaan kepada pihak-pihak terkait, seperti penyedia barang/jasa.
  • Memilih Penyedia Barang/Jasa: Materi ini memandu peserta dalam proses seleksi penyedia, mulai dari evaluasi proposal, verifikasi kredensial, hingga negosiasi.
  • Mengevaluasi Dokumen Penawaran: Teknik dan metode dalam menilai dokumen penawaran dari berbagai penyedia, untuk memastikan pilihan yang terbaik bagi organisasi.
  • Melakukan Kualifikasi Penyedia Barang/Jasa: Proses verifikasi dan validasi kualifikasi penyedia, termasuk latar belakang perusahaan, track record, dan kapabilitas teknis.
  • Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa: Memahami metode evaluasi kinerja penyedia setelah pengadaan, untuk menjamin kualitas barang/jasa serta sebagai bahan masukan untuk pengadaan berikutnya.
  • Mengelola Sanggahan: Materi ini menekankan pada penanganan dan resolusi konflik atau sanggahan yang mungkin muncul selama proses pengadaan.
  • Melakukan Negosiasi: Mengajarkan teknik dan strategi negosiasi dalam konteks pengadaan, sehingga organisasi dapat memperoleh kesepakatan yang menguntungkan.
  • Menyusun Kontrak Pengadaan
  • Menyusun Portofolio

TARGET PESERTA

Pelatihan CERTIFIED PROCUREMENT SPECIALIST (CPSP) sangat penting untuk diikuti oleh berbagai individu yang terlibat atau berkepentingan dalam proses pengadaan barang/jasa, diantaranya :

  1. Organisasi Pemerintah
  2. BUMN dan BLU
  3. Penyedia/Vendor Barang/Jasa.
  4. Perguruan Tinggi
  5. Perusahaan
  6. Praktisi dan Konsultan Pengadaan

METODE PELATIHAN

Pelatihan yang efektif tidak hanya bergantung pada materi yang diberikan, tetapi juga metode penyampaian yang digunakan. Dalam pelatihan CERTIFIED PROCUREMENT SPECIALIST (CPSP), kami menggabungkan berbagai metode pelatihan untuk memastikan peserta mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan praktis.

  • E-Learning Mandiri
  • Tatap Muka Online (Webinar)
  • Tugas dan Studi Kasus
  • Tatap Muka
  • Uji Kompetensi BNSP

Dengan kombinasi metode pelatihan ini, pelatihan CPSP menjamin pemahaman yang holistik, menggabungkan teori dan praktik, serta memastikan bahwa setiap peserta siap untuk mempraktikkan keterampilan pengadaan dengan standar profesional tertinggi.

WAKTU DAN DURASI

  • E-Learning Mandiri (10 hari)
  • Tugas dan Studi Kasus
  • Tatap Muka Online (Webinar) (3- 5 sesi, @ 2 Jam)
  • Tatap Muka (2 Hari, @8 Jam)
  • Uji Kompetensi BNSP (1 Hari)

PERSYARATAN PESERTA

  1. a) Pendidikan minimal setingkat S1/D4
  2. Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun
  3. Memiliki sertifikat Pelatihan Kompetensi CPSP (akan diberikan pada saat pelatihan)
  4. b) Pendidikan Minimal SMA
  5. Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun
  6. Memiliki sertifikat Pelatihan Kompetensi CPSP (akan diberikan pada saat pelatihan)
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Pilih Event CPSP 2024

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Wa Center : 08111326000
Ayu : 08119997339

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 2

Total Pengunjung : 1,733