Daftar

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi - BNSP

Certified
Human Resource Manager (CHRM)

Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia

Pilih Event CHRM 2024

Latar Belakang

Dalam era globalisasi dan teknologi yang terus berkembang, peran manajer SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi semakin penting dan kompleks. Untuk menangani tantangan ini, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek manajemen SDM, mulai dari pengembangan uraian jabatan hingga pembuatan peraturan perusahaan dan perjanjian kerja Bersama. Dalam konteks global dan nasional yang semakin kompleks dan dinamis, peran Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) telah berkembang melebihi perannya yang tradisional. Mereka kini dituntut untuk menjadi pemimpin strategis, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta mengelola talenta dan kinerja organisasi dengan cara yang inovatif dan berkelanjutan.

Pentingnya profesionalisme dan kompetensi dalam bidang manajemen SDM telah diakui oleh pemerintah Indonesia, yang telah menerapkan serangkaian peraturan yang mengharuskan sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja di bidang ini. Hal ini tercermin dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang menetapkan kerangka hukum untuk kondisi kerja yang adil dan layak, serta perlindungan hukum bagi pekerja, Selain itu, Keputusan Menaker Nomor 149 Tahun 2020 telah menetapkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia untuk bidang manajemen sumber daya manusia. Ini mencakup berbagai fungsi manajemen SDM, mulai dari penyusunan uraian jabatan hingga perancangan program pembelajaran dan pengembangan.

Terakhir, Keputusan Menaker Nomor 115 Tahun 2022 menegaskan kewajiban sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja di bidang manajemen SDM. Ini menunjukkan bahwa pemerintah mengakui pentingnya profesionalisme dan kualitas dalam manajemen SDM, dan membutuhkan validasi formal dari kompetensi ini melalui proses sertifikasi.

Berdasarkan latar belakang ini, kami menghadirkan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi "Certified Human Resource Manager (CHRM)". Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses dalam peran manajerial SDM, sementara sertifikasi BNSP memberikan pengakuan formal atas kompetensi ini. Program ini mendukung tujuan pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di bidang manajemen SDM, serta membantu peserta untuk memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.

Maksud dan Tujuan

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan untuk berfungsi secara efektif sebagai manajer SDM di lingkungan kerja modern. Peserta akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek penting dalam manajemen SDM, serta keterampilan praktis dalam penerapannya. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan peserta untuk mendapatkan sertifikasi "Certified Human Resource Manager (CHRM)" dari BNSP, yang merupakan pengakuan nasional atas kecakapan profesional mereka.

Tujuan Program

  1. Menyiapkan para profesional SDM dalam menghadapi ujian sertifikasi nasional profesi Manajer SDM.
  2. Menyediakan pemahaman yang komprehensif mengenai 15 unit kompetensi yang akan diujikan.
  3. Menyamakan standar kompetensi Manajer SDM dengan Standar Nasional.
  4. Meningkatkan nilai tambah para profesional di bidang SDM.
  5. Memiliki Sertifikat Kompetensi "Certified Human Resource Manager (CHRM)" BNSP

Materi Pelatihan

Pelatihan ini mencakup 15 topik utama:

  1. Menyusun Uraian Jabatan
  2. Menyusun Analisis Beban Kerja
  3. Menyusun Standar Operasional Prosedur
  4. Menyusun Grading Jabatan
  5. Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu
  6. Menyusun Kebutuhan Pembelajaran dan Pengembangan
  7. Merumuskan Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
  8. Merumuskan Proses Bisnis serta Tugas dan Fungsi dalam Organisasi
  9. Menyusun Kebutuhan SDM
  10. Menyusun Sistem Remunerasi
  11. Menentukan Upah Pekerja
  12. Merancang Program Pembelajaran dan Pengembangan
  13. Mengelola Program Suksesi
  14. Menyusun Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama
  15. Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif

Manfaat

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berperan sebagai manajer SDM yang efektif. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan sertifikasi profesional dari BNSP, yang dapat meningkatkan kredibilitas dan prospek karir mereka. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan investasi jangka panjang bagi peserta dan organisasi mereka.

Silabus Materi

1. Menyusun Uraian Jabatan

Pelatihan ini akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merumuskan dan menulis uraian jabatan yang akurat dan efektif, mencakup ruang lingkup pekerjaan, tugas-tugas utama, kualifikasi yang diperlukan, dan matrik penilaian kinerja.

2. Menyusun Analisis Beban Kerja

Peserta akan belajar bagaimana mengidentifikasi dan menghitung beban kerja dalam suatu organisasi, mencakup teknik penilaian, pengalokasian sumber daya, dan penyesuaian beban kerja.

3. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)

Pelatihan ini akan membahas langkah-langkah dalam pembuatan SOP, termasuk penentuan tujuan, penulisan prosedur, dan penerapan serta evaluasi SOP.

4. Menyusun Grading Jabatan

Materi ini akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana menetapkan level atau grade jabatan berdasarkan kompleksitas tugas, tanggung jawab, dan kualifikasi yang diperlukan.

5. Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu

Peserta akan diajari cara merumuskan dan mengimplementasikan indikator kinerja individu yang efektif dan adil.

6. Menyusun Kebutuhan Pembelajaran dan Pengembangan

Materi ini mencakup proses analisis kebutuhan pelatihan, penentuan tujuan dan metode pelatihan, serta evaluasi efektivitas program pembelajaran..

7. Merumuskan Strategi dan Kebijakan Manajemen SDM (MSDM)

Pelatihan ini akan membahas proses merumuskan dan menerapkan strategi dan kebijakan MSDM yang sesuai dengan tujuan dan misi organisasi.

8. Merumuskan Proses Bisnis serta Tugas dan Fungsi dalam Organisasi

Peserta akan belajar cara mendefinisikan dan merancang proses bisnis, serta menetapkan tugas dan fungsi bagi setiap anggota organisasi.

9. Menyusun Kebutuhan SDM

Materi ini akan membahas teknik untuk meramalkan kebutuhan SDM berdasarkan strategi dan tujuan organisasi, serta perencanaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

10. Menyusun Sistem Remunerasi

Peserta akan diajarkan cara mendesain struktur remunerasi yang adil dan kompetitif, mencakup komponen upah dan non-upah, dan penyesuaiannya dengan strategi organisasi

11. Menentukan Upah Pekerja

Pelatihan ini mencakup cara menetapkan upah pekerja yang adil dan kompetitif, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat pekerjaan, performa, dan standar industri.

12. Merancang Program Pembelajaran dan Pengembangan

Peserta akan belajar cara merancang dan mengimplementasikan program pembelajaran dan pengembangan yang efektif, mencakup penentuan tujuan, metode, dan evaluasi program.

13. Mengelola Program Sukses

Materi ini akan membahas proses dan teknik dalam mengelola program suksesi, mencakup identifikasi calon potensial, pengembangan dan penilaian calon, dan penyiapan transisi

14. Menyusun Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama

Peserta akan belajar cara merumuskan peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama yang adil dan sesuai dengan hukum dan regulasi yang berlaku.

15. Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif

Pelatihan ini akan membahas cara merancang dan menerapkan strategi komunikasi dalam organisasi, mencakup teknik komunikasi, manajemen konflik, dan peningkatan kolaborasi dan keterlibatan karyawan.

PERSYARATAN PEMOHON

Persyaratan Peserta Ujian

Peserta ujian harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Minimal berpendidikan S1.
  • Pengalaman kerja:
    • Min 2 Tahun sebagai Supervisor/Analis SDM, atau
    • Ass. Manager selama 5 Tahun di bidang Sumber Daya Manusia
    • Min. 6 Bulan sebagai Manajer SDM, atau
    • Min. 1 Tahun sebagai Kepala Bagian/Analis Senior SDM.
  • Sedang menduduki Jabatan sebagai Staff Sumber Daya Manusia minimum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan Surat Keterangan Kerja
  • Memiliki sertifikat pelatihan Kompetensi CHRM (akan di berikan pada saat selesai Pelatihan)

Jadwal Kegiatan

  • Kelas Online : Penjelasan dan Persiapan Pelatihan Kompetensi
  • Kelas Tatap Muka
  • Uji Kompetensi – BNSP

Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Pilih Event CHRM 2024

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Wa Center : 08111326000

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 1

Total Pengunjung : 188