Rp. 97,500
Rp. 850,000
Daftar

Kelas Online

Katalog Elektronik dan
E-Purchasing

Pada Pekerjaan Konstruksi

Sabtu
11 Mei 2024
13:00 – 15:30 WIB

Latar Belakang

Pada tahun anggaran 2024, sektor konstruksi di Indonesia mengambil peran penting dalam pengembangan infrastruktur negara, didanai melalui APBN dan APBD. Dalam konteks ini, pengadaan barang dan jasa konstruksi tidak hanya berperan dalam pembangunan fisik tetapi juga dalam pencapaian efisiensi dan transparansi anggaran. Sesuai dengan amanat Undang-UndangNo. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, pengadaan harus dilaksanakan dengan prinsip akuntabilitas dan pencapaian nilai terbaik untuk uang yang diinvestasikan (value for money).

Dalam respons terhadap kebutuhan ini, pemerintah telah mengambil langkah strategis dengan memperkenalkan Katalog Elektronik sebagai sarana pengadaan yang bertujuan untuk mempercepat proses, mempermudah prosedur, dan menyediakan berbagai alternatif pilihan bagi pelaku pengadaan. Awalnya lebih terfokus pada pengadaan barang, penggunaan Katalog Elektronik kini telah diperluas untuk mencakup jasa di sektor konstruksi. Kemajuan ini menandai langkah penting dalam memodernisasi proses pengadaan tradisional dan meningkatkan efisiensi dan transparansi.

Penerapan metode E-Purchasing sesuai dengan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 memberikan landasan hukum yang kuat untuk inovasi ini. Keadaan ini diperkaya lagi dengan Surat Edaran Kepala LKPP No 3 tahun 2023 yang mendukung penggunaan produk dalam negeri serta produk dari usaha mikro, kecil, dan koperasi, mendorong diversifikasi dan penguatan ekonomi lokal. Inisiatif ini menuntut peningkatan jumlah etalase dalam Katalog Elektronik, memastikan bahwa kebutuhan barang dan jasa dari berbagai unit kerja pemerintah dapat dipenuhi secara efisien dan efektif.

Kelas online ini, yang berfokus pada Katalog Elektronik dan E-Purchasing dalam konteks pekerjaan konstruksi, dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang dinamika baru ini. Topik-topik utama yang akan dibahas mencakup kebijakan pengadaan, jenis dan fungsi Katalog Elektronik, strategi khusus untuk pengadaan dalam konstruksi, serta berbagai metode E-Purchasing dan langkah-langkah yang terlibat dalam proses pembelian. Tujuan utama dari kursus ini adalah membekali para pelaku pengadaan dengan pengetahuan yang diperlukan untuk navigasi dalam sistem pengadaan yang berubah, menjamin efisiensi, kepatuhan regulasi, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui penggunaan produk dalam negeri.

Materi Pelatihan

  • Kebijakan Katalog Elektronik dan E – Purchasing dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa
  • Jenis dan Pengertian Katalog Elektronik, serta bagaimana alur proses pencantuman Produk pada Katalog Elektronik
  • Penerapan Katalog Elektronik Pekerjaan Konstruksi dan Pendekatannya
  • Jenis Metode E-Purchasing dan tahapan dalam pembelian melalui Katalog Elektronik di Pekerjaan Konstruksi

Waktu Pelaksanaan

Online
ZOOM
Webinar

11
Mei
2024

13.00
-
15.30 WIB

PROMO

Harga Normal

Rp. 850.000

Harga Promo

Rp. 97.500,-
Daftar Sekarang
  • Fasilitas :
  • Materi Paparan
  • Bahan Bacaan Terkait
  • Regulasi / Kebijakan
  • Video Pembelajaran
  • E – Sertifikat
  • DoorPrize Menarik

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (28 Juni 2024): Smart TV Samsung 40 Inchi, 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 850,000,-
Harga Promo
Rp. 97,500,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya



Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Bella : 08119997339

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 4

Total Pengunjung : 1,322