Rp. 399,000
Rp. 2,750,000
Daftar

Pelatihan Daring Pemahaman & Penerapan

SISTEM MANAJEMEN MUTU
ISO SNI 9001:2015

Cara Mudah Memahami dan Mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu dalam ISO 9001:2015

4 sesi Pelatihan
22 - 25 Februari 2022
09:00 – 11:30 WIB

Latar Belakang

ISO 9001 adalah standar internasional mengenai persyaratan suatu Sistem Manajemen Mutu yang sudah diakui lebih dari 180 negara di dunia. ISO 9001:2015 sebenarnya bertujuan untuk menyediakan Sistem Manajemen Mutu yang praktis dan dapat diterapkan untuk meningkatkan semua proses dalam sebuah organisasi. Untuk mencapai standar ISO 9001:2015 bukanlah tentang menetapkan serangkaian prosedur yang rumit dan sulit untuk dikelola. Tujuannya adalah untuk menyediakan sistem manajemen yang bisa diterapkan dan cocok untuk organisasi Anda.

Melalui Penerapan dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, organisasi dapat melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan peningkatan terhadap proses bisnis organisasi sehingga mampu menyediakan produk dan jasa yang berkualitas, sesuai dengan persyaratan pelanggan. Seluruh tahapan ini dibagi menjadi 10 pasal utama, dimana pada setiap pasalnya, terdapat persyaratan yang perlu dipenuhi organisasi.

Ketika organisasi Anda telah menerapkan dan tersertifikasi ISO 9001, pelanggan Anda akan lebih yakin dalam menjalin kerjasama karena dapat memberi mereka jaminan bahwa sistem manajemen organisasi Anda secara konsisten telah diaudit.

Penerapan Sistem Manajemen Mutu tidak terbatas pada industri atau organisasi tertentu dan dapat disesuaikan dengan sifat, jenis dan ukuran organisasi. Sehingga peserta dari berbagai bidang dapat mengikuti pelatihan ini dan tidak ada persyaratan khusus yang dibutuhkan untuk dapat mengikuti kursus ini. Melalui pelatihan ini, peserta dapat memahami dasar-dasar sistem manajemen yang baik agar persyaratan pelanggan organisasi dapat dipenuhi, dengan cara memastikan kesesuaian proses selama penyediaan produk dan jasa.

Beberapa manfaat lain yang dapat dengan menerapkan sistem Manajemen Mutu ISO 900:2015 sebagai berikut :

  • Meminimalkan kesalahan kerja
  • Meningkatkan pelaporan dan komunikasi internal serta eksternal yang baik.
  • Produk dan layanan berkualitas lebih baik serta dipercaya
  • Penjadwalan dan pengiriman produksi / jasa yang lebih dapat diandalkan
  • Standar dikelola, diterapkan dan dievaluasi secara berkala setiap tahun.
  • Sistem mutu organisasi diaudit baik internal maupun eksternal organisasi

Sasaran Pelatihan

  • Pemerintah & Pemerintah daerah
  • Pegawai BUMN/BUMD
  • Badan Layanan Umum (BLU/BLUD)
  • Perusahaan
  • Praktisi
  • Kontraktor dan Konsultan

Target Pelatihan

  • Peserta Pemahaman Langkah-langkah Penerapan ISO 9001 : 2015
  • Memahami dan memiliki keterampilan dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  • Peserta memahami dan mengerti Penerapan Setiap Klausul dari ISO 9001 : 2015
  • Peserta memahami dan mengerti istilah – istilah penting yang berada dalam standar ISO 9001 : 2015.
  • Peserta mendapat gambaran yang jelas terkait perencanaan, persiapan, penerapan dan evaluasi implementasi ISO 9001 : 2015.
  • Peserta akan lebih memahami penerapan dan standar ISO 9001 : 2015 dengan baik dan benar dalam implementasi di lingkungan organisasinya.
  • Memahami dan mampu melakukan audit internal sesuai dengan persyaratan dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.
  • Memahami dan mampu memelihara serta menyempurnakan sistem Dokumentasi (antara lain Standar Prosedur Mutu atau Prosedur Operasi Baku/ SOP) sesuai persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.
  • Memahami dan mampu melakukan continual improvement dengan Melakukan program perbaikan berlanjut terhadap seluruh tindakan pencegahan dan perbaikan yang harus dilakukan, Pencapaian Sasaran Mutu berikut Analisis data, Tinjauan Manajemen serta tindak lanjutnya, evaluasi serta tindak lanjut terhadap hasil kegiatan audit, serta implementasi seluruh tindakan pencapaian terhadap kepuasan Pelanggan.
  • Terbentuknya budaya kerja yang senantiasa mengarah kepada visi, misi dan kebijakan Organisasi

KURIKULUM PELATIHAN

  • Menjelaskan overview Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015;
    1. Menjelaskan konsep Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (Ruang Lingkup, Acuan Normatif, serta Istilah dan Definisi);
    2. Menjelaskan pentingnya kesadaran dan pemahaman mengenai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015;
  • Menerapkan Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Konteks Organisasi, Kepemimpinan, dan Perencanaan;
    1. Menjelaskan Konteks Organisasi dalam persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang mencakup Konteks Organisasi, Pengaruh Internal dan Eksternal, Kebutuhan Stakeholder, Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan, Sistem Manajemen mutu dan Prosesnya;
    2. Menjelaskan Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Kepemimpinan yang mencakup Kepemimpinan dan Komitmen, Kebijakan Mutu, serta Peranan,Tanggung Jawab dan Wewenang Organisasi;
    3. Menjelaskan Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Perencanaan yang mencakup Tindakan untuk menghadapi Risiko dan Peluang, Sasaran Mutu dan Perencanaan untuk mencapainya, serta Perencanaan Perubahan;
    4. Melakukan simulasi penerapan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Konteks Organisasi, Kepemimpinan, dan Perencanaan;
  • Menerapkan Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Dukungan dan Operasi;
    1. Menjelaskan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Dukungan yang mencakup Sumber Daya, Kompetensi SDM, Kepedulian, Komunikasi dan Informasi Terdokumentasi;
    2. Menjelaskan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Operasi yang mencakup Perencanaan Pengendalian Operasional dan Layanan, Persyaratan Layanan, Penyediaan Layanan, Dispensasi Layanan dan Pengendalian Ketidaksesuaian;
    3. Melakukan simulasi penerapan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Dukungan dan Operasi;
  • Menerapkan Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Evaluasi Kinerja dan Peningkatan;
    1. Menjelaskan Evaluasi Kinerja dalam Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang mencakup Pemantauan dan Pengukuran Kinerja, Analisis dan Evaluasi, Audit Internal, serta Tinjauan Manajemen;
    2. Menjelaskan Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Peningkatan yang mencakup Ketidaksesuaian dan Tindakan Korektif, Perbaikan Berkelanjutan dan Tindak Lanjut;
    3. Melakukan simulasi penerapan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terkait Evaluasi Kinerja dan Peningkatan;
  • Menerapkan Penyusunan Pedoman Mutu sesuai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015;
    1. Melakukan simulasi Penyusunan Pedoman Mutu sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  • Menjelaskan Konsep Manajemen Risiko sebagai bagian dari Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015;
    1. Menjelaskan konsep manajemen risiko;
    2. Menjelaskan penerapan manajemen risiko di Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
  • Menjelaskan Proses Manajemen Risiko sebagai bagian dari Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015;
    1. Menjelaskan konsep komunikasi dan konsultasi;
    2. Menjelaskan konsep penetapan konteks;
    3. Menjelaskan konsep identifikasi risiko;
    4. Menjelaskan konsep analisis risiko;
    5. Menjelaskan konsep evaluasi risiko;
    6. Menjelaskan konsep penanganan risiko;
    7. Menjelaskan konsep pemantauan dan review;

JADWAL DAN MATERI

SESI KE 1

22 Februari 2022 (09.00 – 11.30 WIB)


  • Langkah – Langkah Penerapan ISO SNI 9001 : 2015.
  • Lingkup, Definisi dan Tujuan Penerapan ISO SNI 9001 : 2015.
  • Pemahaman Penerapan Klausul 4.0 Konteks Organisasi
  • Penerapan Klausul 4.1 Memahami Organisasi dan Konteksnya
  • Penerapan Klausul 4.2 Memahami kebutuhan dan harapan dari pihak-pihak yang berkepentingan.
  • Penerapan Klausul 4.3 Menentukan ruang lingkup sistem manajemen mutu
  • Penerapan Klausul 4.4 Sistem manajemen mutu dan proses-prosesnya
  • Pemahaman Penerapan Klausul 5.0 Kepemimpinan
  • Penerapan Klausul 5.1 Kepemimpinan dan komitmen
  • Penerapan Klausul 5.2 Kebijakan
  • Penerapan Klausul 5.3 Peran Organisasi, tanggung jawab dan otoritas

SESI KE 2

23 Februari 2022 (09.00 – 11.30 WIB)


  • Pemahaman Penerapan Klausul 6.0 Perencanaan
  • Penerapan Klausul 6.1 Tindakan untuk menangani risiko dan peluang
  • Penerapan Klausul 6.2 Sasaran mutu dan perencanaan untuk mencapainya
  • Penerapan Klausul 6.3 Perencanaan perubahan
  • Pemahaman Penerapan Klausul 7.0 Dukungan
  • Penerapan Klausul 7.1 Sumberdaya.
  • Penerapan Klausul 7.2 Kompetensi
  • Penerapan Klausul 7.3 Kesadaran
  • Penerapan klausul 7.4 Komunikasi
  • Penerapan Klausul 7.5 Informasi Terdokumentasi

HARI 3 / SESI KE 3

24 februari 2022 (09.00 – 11.30 WIB)


  • Pemahaman Penerapan Klausul 8.0 Operasional
  • Penerapan Klausul 8.1 Perencanaan dan pengendalian operasional
  • Penerapan Klausul 8.2 Persyaratan untuk produk dan layanan
  • Penerapan Klausul 8.3 Desain dan pengembangan produk dan layanan
  • Penerapan Klausul 8.4 Pengendalian produk dan layanan eksternal yang disediakan
  • Penerapan Klausul 8.5 Produksi dan penyediaan layanan
  • Penerapan Klausul 8.6 Pelepasan atas produk dan layanan
  • Penerapan Klausul 8.7 Kendali atas output yang tidak sesuai
  • Pemahaman Penerapan Klausul 9.0 Evaluasi Kinerja
  • Penerapan Klausul 9.1 Pemantauan, pengukuran, analisis dan evaluasi
  • Penerapan Klausul 9.2 Audit internal
  • Penerapan Klausul 9.3 Tinjauan Manajemen

HARI 4 / SESI KE-4

25 Februari 2022 (09.00 – 11.30 WIB)


  • Pemahaman Penerapan Klausul 10.0 Peningkatan.
  • Penerapan Klausul 10.1 Umum
  • Penerapan Klausul 10.2 Ketidaksesuaian dan tindakan perbaikan
  • Penerapan Klausul 10.3 Peningkatan terus-menerus
  • Pemahaman dan Penjelasan Struktur dan Terminologi di QMS ISO 9001: 2015
  • Pemahaman dan Penjelasan Produk dan layanan
  • Pemahaman dan Penjelasan Peningkatan terus-menerus
  • Pemahaman dan Penjelasan Pemikiran berbasis risiko
  • Pemahaman dan penjelasan Penerapan QMS ISO 9001 : 2015
  • Pemahaman dan Penjelasan Informasi Terdokumentasi
  • Pemahaman dan Penjelasan Pengetahuan Organisasi QMS ISO 9001 : 2015
  • Pemahaman dan Penjelasan Kendali atas penyediaan proses, produk, dan layanan
  • Tanya jawab dan Diskusi

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Hadiah QUIZ (pada saat acara) : Voucer Pelatihan Senilai Total Rp. 900.000,-
  • Dooprize (31 Maret 2022) : 1 Unit Laptop, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2022) : 1 Unit Sepeda Motor NMAX, Uang Tunai Rp. 10.000.000,-

Biaya dan Fasilitas

Waktu

  • 4 sesi Pelatihan
  • Gel I : 22 – 25 Februari 2022

Biaya

  • Harga Normal Rp. 2.750.000,-
  • Harga Promo Rp. 399.000, -

Fasilitas

  • Mengikuti 4 sesi Pelatihan Online
  • Materi Pelatihan
  • Video Pembelajaran
  • E- sertifikat
  • DoorPrize Menarik

Berapa Investasi Pelatihan Daring Pemahaman & Penerapan ini ?

Kegiatan sejenis biasanya seharga :

Rp. 2,750,000,-

Saat ini kami berikan Harga Khusus sebesar :

Rp. 399,000,-

Harga dapat NAIK sewaktu-waktu! Manfaatkan dan TAKE ACTION SEKARANG!

Promo ini Terbatas, segera Amankan Seat Anda.

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 2,750,000,-
Harga Promo
Rp. 399,000,-
Email
Nama Lengkap
No.Handphone
Instansi
Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Rahmi : 08111565770

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 14

Total Pengunjung : 165