Rp. 450,000
Rp. 1,350,000
Daftar

Kelas Online

Strategi Efektif
Menerapkan Mitigasi
Risiko Pada Setiap
Tahapan Pengadaan 2024

(Dalam Rangka Pencegahan Permasalahan dan Menyusun Solusinya)

7 Sesi Pelatihan
20 - 28 Februari 2024
19:00 – 21:30 WIB

Dalam proses pengadaan barang/jasa oleh pemerintah, masing-masing tahapan berpotensi menimbulkan beragam masalah. Kompleksitas yang muncul mulai dari tahap perencanaan hingga serah terima barang/jasa, dikombinasikan dengan faktor-faktor seperti kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kondisi lapangan, batasan waktu, dan aspek lainnya, sering kali menjadi penyebab munculnya berbagai permasalahan.

Latar Belakang

Di awal tahun 2024, instansi pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, telah memulai proses pengadaan barang/jasa, memasuki fase kritis di mana setiap pelaku pengadaan bertanggung jawab atas persiapan dan implementasi program pengadaan yang efisien. Kegiatan ini, yang dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran dan menciptakan nilai maksimal dari setiap pengeluaran (Value For Money), memerlukan antisipasi cermat untuk mencegah timbulnya masalah yang dapat mengganggu proses dan hasil pengadaan di masa depan.

Dalam pelaksanaan tahapan-tahapan pengadaan barang/jasa, seringkali timbul hambatan, permasalahan dan tantangan, dimulai dari proses perencanaan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. berbagai permasalahan dan tantangan tersebut dapat bersifat administratif maupun teknis, sehingga mengakibatkan kegiatan pengadaan barang/jasa tersebut terkendala pelaksanaannya dan pada akhirnya berdampak pada hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan

Salah satu Langkah yang dapat dilakukan adalah menerapkan Mitigasi Risiko pada setiap tahapan Pengadaan, hal ini Penting dilakukan, untuk memastikan bahwa seluruh program dan perencanaan pengadaan kita dalam dilakukan sesuai dengan peraturan perundang undangan.

Pelatihan Mitigasi Risiko dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini dirancang khusus untuk membekali para pelaku pengadaan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam menerapkan mitigasi risiko efektif di setiap tahap pengadaan, khususnya untuk tahun anggaran 2024. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk:

  • Mengidentifikasi dan menggali akar masalah yang mungkin muncul dalam proses pengadaan.
  • Melakukan evaluasi menyeluruh pada setiap tahapan pengadaan.
  • Menyusun strategi pencegahan dan perbaikan untuk mengatasi potensi masalah.
  • Mengimplementasikan langkah-langkah mitigasi risiko secara efektif.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengoptimalkan proses pengadaan barang/jasa pemerintah, mengurangi potensi masalah, dan memastikan keberhasilan dan efisiensi dalam setiap tahapan pengadaan.

Maksud

Program pelatihan ini dirancang sebagai inisiatif komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah. Maksud utama dari program ini adalah untuk membekali para stakeholder yang terlibat dalam pengadaan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengatasi risiko yang dapat muncul selama proses pengadaan. Program ini berfokus pada pemahaman mendalam mengenai regulasi terkini, praktik terbaik, dan penerapan teknik mitigasi risiko yang efektif untuk memastikan pengadaan barang/jasa berjalan sesuai dengan standar hukum dan etika yang berlaku.

Tujuan

  1. Peningkatan Kesadaran Risiko: Meningkatkan kesadaran para pelaku pengadaan tentang berbagai risiko yang mungkin muncul di setiap tahapan pengadaan barang/jasa.
  2. Pemahaman Regulasi dan Kebijakan: Memastikan pemahaman yang komprehensif tentang regulasi dan kebijakan terkini yang mengatur pengadaan barang/jasa pemerintah.
  3. Keterampilan Mitigasi Risiko: Membekali peserta dengan keterampilan praktis untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengimplementasikan strategi mitigasi risiko yang efektif.
  4. Optimalisasi Proses Pengadaan: Mendorong pengoptimalan proses pengadaan untuk mencapai Value For Money, efisiensi, dan transparansi.
  1. Pencegahan Masalah Pengadaan: Membantu dalam pencegahan masalah pengadaan yang dapat timbul dan menyiapkan strategi penanganan masalah yang efektif.
  2. Kapabilitas dan Kemandirian Pelaku Pengadaan: Meningkatkan kapabilitas dan kemandirian para pelaku pengadaan dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan permasalahan pengadaan.
  3. Peningkatan Akuntabilitas dan Kepatuhan: Memperkuat akuntabilitas dan kepatuhan terhadap standar hukum dan etika dalam pengadaan barang/jasa.

Output Kegiatan

Melalui Pelatihan ini diharapkan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun Anggaran 2024 dapat berjalan sesuai ketentuan, serta memberikan dampak :

  1. Mempercepat pengambilan Keputusan dan Menyusun Langkah Langkah strategis dalam mencegah dan menyelesaikan berbagai Permasalahan secara komprehensif, efektif, dan akuntabel;
  2. Meningkatkan kapabilitas dan kemandirian para pelaku pengadaan dalam penyelesaian permasalahan/tantangan Pengadaan Barang/Jasa;
  3. Mengurangi risiko terjadinya sanggah/sanggah banding, pengaduan, sengketa, dan/atau permasalahan hukum dalam Pengadaan Barang/Jasa; dan
  4. Mengurangi dan menghilangkan Potensi Kerugian Negara baik dari sisi teknis maupun Administrasi
  5. Meningkatkan dan menjaga kepercayaan publik terhadap proses Pengadaan Barang/Jasa yang dilaksanakan.

Materi Pelatihan

Memahami berbagai akar masalah dalam setiap Tahapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Manajemen Risiko Hukum Menurut ISO 31022 – 2020 – Risk Management – Guidelines for the management of legal risk

Mitigasi Risiko Dalam tahapan Perencanaan Pengadaan

Mitigasi Risiko dalam Tahapan Pemilihan Penyedia

Mitigasi Risiko dalam Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan / Kontrak

Mitigasi Risiko dalam Tahapan Serah Terima Pekerjaan

Risiko dan dampak Hukum dalam Pengadaan

Waktu Pelaksanaan

7
Sesi
Pelatihan

20 - 28
Februari
2024

19:00
-
21:30 WIB

PROMO

Harga Normal

Rp. 1,350,000,-

Harga Promo

Rp. 450,000,-
Daftar Sekarang
  • Mengikuti 7 Sesi Kelas Pelatihan
  • Materi Paparan
  • Buku Bacaan Terkait
  • Peraturan Terkait
  • 7 Video Pembelajaran
  • E- Sertifikat Pelatihan
  • DOOR Prize Menarik
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (29 Maret 2024): 1 Unit Jam Tangan (Fosil), 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 1,350,000,-
Harga Promo
Rp. 450,000,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya



Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Syafira : 08111109423

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 1

Total Pengunjung : 1,299