Rp. 295,000
Rp. 1,750,000
Daftar

Workshop Online

Peluang Usaha Melalui
E-KATALOG
PEMERINTAH 2024

Untuk Pengembangan Bisnis

2 Sesi Pelatihan
13 - 14 Agustus 2024
19:00 – 21:00 WIB

Latar Belakang

Saat ini Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah bertransformasi secara signifikan didukung berbagai kebijakan yang mengutamakan UMKM serta Transparansi dalam setiap proses belanja Barang/Jasa Pemerintah. Besarnya anggaran Pemerintah dalam Pengadaan Barang/Jasa, serta Target Belanja Pemerintah Melalui Katalog di tahun 2024 adalah 500 Triliun, menjadi suatu peluang bagi setiap pelaku usaha untuk dapat berpartisipasi dan mengembangkan usahanya secara lebih luas.

Salah satu metode yang menjadi prioritas dan pilihan utama dalam pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah melalui e- Purchasing Katalog, dan hal ini hampir telah merata di seluruh sektor baik dari anggaran APBN maupun APBD, jika dilihat dari berbagai target yang dicanangkan selama ini, dibutuhkan lebih dari 40% transaksi melalui Katalog , dan tentunya hal ini merupakan kesempatan serta peluang bagi setiap pelaku usaha dalam meningkatkan bisnis dan usahanya.

Di era digital saat ini, pemerintah terus berupaya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengadaan barang dan jasa melalui pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu inisiatif signifikan dalam upaya ini adalah implementasi e-Katalog.E-Katalog merupakan platform digital yang digunakan oleh pemerintah untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa, yang memungkinkan penyedia barang/jasa untuk menawarkan produk mereka secara langsung kepada instansi pemerintah. Keberadaan sistem ini tidak hanya mempercepat proses pengadaan tetapi juga membuka peluang besar bagi para pelaku usaha untuk berpartisipasi dalam pasar pengadaan pemerintah.

Workshop online ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang peluang yang tersedia bagi penyedia barang dan jasa yang ingin terlibat dalam e-Katalog pemerintah. Peserta akan memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai kebijakan pemerintah terkait e-Katalog, yang mencakup regulasi, persyaratan, serta manfaat menjadi penyedia dalam e-Katalog. Kebijakan ini terus berkembang sejalan dengan dinamika ekonomi dan teknologi, sehingga penting bagi calon penyedia untuk selalu terinformasi dan memahami bagaimana kebijakan tersebut dapat mempengaruhi cara mereka berbisnis dengan pemerintah.

Selanjutnya, proses pendaftaran dan verifikasi penyedia menjadi komponen kritikal yang akan dibahas secara detail dalam workshop ini. Peserta akan diajarkan langkah demi langkah mulai dari proses pendaftaran awal hingga berhasil terverifikasi sebagai penyedia yang sah. Aspek-aspek teknis dan administratif dari proses ini akan dijelaskan untuk memastikan bahwa para peserta dapat mengikuti proses tersebut tanpa kesulitan.

Demo dan simulasi penggunaan sistem e-Katalog akan menjadi bagian integral dari workshop ini. Melalui simulasi ini, peserta akan mendapatkan pengalaman praktis dalam mengoperasikan platform, yang mencakup cara memasukkan produk, mengatur harga, dan memanfaatkan fitur-fitur platform untuk maksimalisasi visibilitas dan penjualan. Keterampilan ini esensial bagi penyedia untuk dapat bersaing efektif dalam e-Katalog.

Akhirnya, sesi terakhir dari workshop akan mengajarkan peserta cara melakukan transaksi dalam e-Katalog. Ini mencakup pemahaman mengenai mekanisme pembelian, penanganan order, serta kepatuhan terhadap aturan pengadaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Melalui workshop ini, diharapkan peserta dapat tidak hanya memahami cara bergabung dan beroperasi dalam e-Katalog, tetapi juga cara memaksimalkan peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis mereka melalui platform ini.

Workshop ini esensial bagi semua pelaku usaha yang berkeinginan memperluas jangkauan pasarnya ke sektor pemerintahan dan menggunakan teknologi untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Workshop ini dimaksudkan untuk membekali para pengusaha dan penyedia barang/jasa dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk secara efektif masuk dan beroperasi dalam platform e-Katalog Pemerintah. Ini dirancang untuk memfasilitasi pemahaman yang mendalam tentang bagaimana platform e-Katalog bekerja, termasuk kebijakan yang mengaturnya, proses pendaftaran, dan pengoperasian sistem. Tujuannya adalah untuk menghilangkan hambatan yang mungkin dihadapi oleh penyedia baru dan membantu mereka memanfaatkan platform ini untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Materi

1. Pengenalan e-Katalog Pemerintah

  • Pengertian dan tujuan e-Katalog Pemerintah
  • Jenis jenis Katalog Pemerintah
  • Manfaat menjadi penyedia e-Katalog untuk bisnis
  • Gambaran umum Peluang dan pasar pengadaan pemerintah

2. Kebijakan dan Regulasi e-Katalog

  • Kebijakan terkini mengenai e-Katalog
  • Syarat dan regulasi untuk menjadi penyedia
  • Bagaimana kebijakan mempengaruhi proses pengadaan

3. Proses Pendaftaran dan Verifikasi

  • Langkah-langkah pendaftaran pada e- Katalog
  • Dokumen dan informasi yang dibutuhkan untuk verifikasi
  • Tips dan trik mengatasi hambatan dalam verifikasi

4. Demo dan Simulasi Penggunaan Sistem e-Katalog


5. Melakukan Transaksi dalam e-Katalog

  • Proses transaksi pembelian melalui e-Katalog
  • Mekanisme penawaran dan negosiasi harga
  • Penanganan pesanan

Waktu Pelaksanaan

2
Sesi
Pelatihan

13 - 14
Agustus
2024

19.00
-
21.00 WIB

Biaya & Fasilitas

PROMO

Harga Normal

Rp. 1.750.000,-

Harga Promo

Rp. 295.000,-
Daftar Sekarang
  • Mengikuti 2 Sesi Kelas
  • Materi Workshop
  • Regulasi/ Aturan Terkait
  • Video Rekaman Pembelajaran
  • E - sertifikat
  • Hadiah Menarik
  • Doorprize Akhir Tahun

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (30 September 2024): Laptop HP, 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 1,750,000,-
Harga Promo
Rp. 295,000,-
Email
Nama Lengkap Serta Gelar
No.Handphone
Instansi
Unit Organisasi


Alamat


Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Wa Center : 08111326000
Bella : 08119997339

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 116

Total Pengunjung : 268