Rp. 3,750,000
Daftar

Bimbingan Teknis

Persiapan Pengadaan dan
Persiapan Pemilihan Penyedia

Untuk PPK, PPTK, Tim Teknis dan Tim Pendukung Pengadaan Barang/Jasa

2 Sesi Pertemuan
15 - 16 Februari 2024

Latar Belakang

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang kemudian diperbarui dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021, mencerminkan komitmen pemerintah Indonesia dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Perubahan dalam regulasi ini menuntut adaptasi dan pemahaman mendalam dari semua pihak yang terlibat dalam pengadaan.

Pentingnya Proses Pengadaan yang Komprehensif dan Efisien, proses pengadaan barang dan jasa merupakan unsur kunci dalam operasional pemerintahan dan sektor swasta. Pentingnya menjalankan proses ini dengan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas tidak bisa dilebih-tegaskan. Dalam konteks ini, persiapan yang matang dan pemilihan penyedia yang tepat menjadi pondasi dalam mencapai keberhasilan pengadaan.

Regulasi dan kebijakan pengadaan terus berkembang seiring dengan dinamika ekonomi, teknologi, dan tuntutan masyarakat. Para pejabat dan tim yang terlibat dalam pengadaan, seperti PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan), Tim Teknis, dan Tim Pendukung, harus terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka untuk tetap selaras dengan perubahan tersebut. Menetapkan spesifikasi teknis dan kriteria pemilihan penyedia yang objektif dan memenuhi standar mutu seringkali menjadi tantangan. Hal ini memerlukan keahlian khusus untuk menyeimbangkan antara kebutuhan teknis, anggaran, dan regulasi yang berlaku.

Efektivitas dalam pengadaan barang/jasa berkaitan erat dengan pengurangan risiko kesalahan, penyalahgunaan dana, dan korupsi. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang teknik penyusunan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) dan rancangan kontrak sangat diperlukan untuk memastikan proses pengadaan yang sehat dan bertanggung jawab.

Era digitalisasi dan inovasi teknologi juga membawa dampak signifikan terhadap proses pengadaan. Adaptasi terhadap teknologi baru dan metode pengadaan elektronik menjadi keharusan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Di samping itu, terdapat peningkatan kesadaran akan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam pengadaan barang/jasa. Hal ini mencakup pemilihan penyedia yang tidak hanya kompeten secara teknis dan finansial tetapi juga memiliki komitmen terhadap praktik berkelanjutan dan etis.

Melalui tema “Persiapan Pengadaan & Persiapan Pemilihan Penyedia,” ini bertujuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut dengan memberikan wawasan, keterampilan, dan strategi terkini kepada para profesional yang terlibat. Tujuannya adalah untuk menghasilkan proses pengadaan yang tidak hanya efektif dan efisien, tetapi juga responsif terhadap perubahan regulasi, inovasi teknologi, dan tuntutan keberlanjutan.

Maksud

Bimbingan teknis ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan aplikatif mengenai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dan perubahannya dengan Nomor 12 Tahun 2021. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa para profesional pengadaan di pemerintahan dapat menerapkan aturan ini dalam praktik kerja sehari-hari dengan cara yang paling efektif dan sesuai dengan standar hukum yang berlaku.

Bimbingan teknis ini juga dimaksudkan untuk memberikan pelatihan komprehensif kepada para profesional yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa, termasuk PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan), Tim Teknis, dan Tim Pendukung Pengadaan. Maksud utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan para peserta dalam menghadapi tantangan dan kompleksitas yang terkait dengan proses pengadaan di sektor pemerintah maupun swasta. Program ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman peserta mengenai prinsip, regulasi, dan praktik terbaik dalam pengadaan, serta mengasah keterampilan teknis yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan efektif dan efisien.

Tujuan

  • Meningkatkan Pemahaman Regulasi: Memastikan bahwa semua peserta memahami dengan baik regulasi yang berlaku dalam proses pengadaan, sehingga dapat menerapkannya secara tepat dalam tugas mereka.
  • Penguasaan Teknik dan Strategi Pengadaan: Membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyusun spesifikasi teknis, kerangka acuan kerja, HPS, dan rancangan kontrak secara efektif.
  • Memperkuat Keterampilan Analisis dan Evaluasi: Mengembangkan kemampuan peserta dalam meninjau, menganalisis, dan mengevaluasi dokumen pengadaan, sehingga dapat mengidentifikasi dan meminimalkan potensi risiko.
  • Meningkatkan Efisiensi dalam Pemilihan Penyedia: Memastikan bahwa peserta dapat melaksanakan proses pemilihan penyedia dengan cara yang lebih efisien, transparan, dan akuntabel.
  • Mendorong Praktik Etis dan Transparan: Meningkatkan kesadaran peserta tentang pentingnya etika dan transparansi dalam pengadaan untuk mencegah korupsi dan meningkatkan akuntabilitas.
  • Penerapan Metode Pemilihan yang Sesuai: Memberikan pemahaman tentang berbagai metode pemilihan penyedia dan bagaimana menerapkannya dengan tepat sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Landasan Hukum

  1. Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 sebagaimana yang telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  2. Peraturan terkait : Perlem LKPP

Materi Pembelajaran

  1. Aspek Regulasi Persiapan Pengadaan
  2. Teknik dan Strategi Penyusunan dan Penetapan Spesifikasi Teknis/Kerangka Acuan Kerja
  3. Teknik dan Strategi Penyusunan dan Penetapan HPS
  4. Teknik dan Strategi Penyusunan dan Penetapan Rancangan Kontrak
  5. Aspek Regulasi Persiapan Pemilihan Penyedia
  6. Reviu Dokumen Persiapan Pengadaan
  7. Penetapan Metode-Metode Dalam Proses Pemilihan
  8. Penyusunan dan Penetapan Dokumen Pemilihan

Waktu Pelaksanaan

2
Sesi
Pertemuan

15 - 16
Februari
2024

Biaya & Fasilitas


Tanpa
Penginapan

Rp 3.750.000
  • Mengikuti Kelas Tatap Muka selama 2 Hari
  • Materi Paparan
  • Tas dan alat tulis
  • Sertifikat Bimbingan Teknis
  • DoorPrize Menarik
  • Penginapan 3 malam termasuk 3x sarapan dan 2x makan malam

Dengan
Penginapan

TERBAIK
Rp 6.000.000
  • Mengikuti Kelas Tatap Muka selama 2 Hari
  • Materi Paparan
  • Tas dan alat tulis
  • Sertifikat Bimbingan Teknis
  • DoorPrize Menarik
  • Penginapan (Single) 3 malam termasuk 3x sarapan dan 2x makan malam

Dengan
Penginapan

Rp 5.000.000
  • Mengikuti Kelas Tatap Muka selama 2 Hari
  • Materi Paparan
  • Tas dan alat tulis
  • Sertifikat Bimbingan Teknis
  • DoorPrize Menarik
  • Penginapan (Twin share) 3 malam termasuk 3x sarapan dan 2x makan malam

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (29 Maret 2024): 1 Unit Jam Tangan (Fosil), 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif

Tempat : Hotel Luminor Jakarta - Jl. Raya Mangga Besar No. 73

Fasilitator : Dr. Fahrurrazi, M.Si.(Praktisi Pengadaan – TOT LKPP)
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Promo
Rp. 3,750,000,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya



Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
putri : 08111385644

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 2

Total Pengunjung : 149