Rp. 380,000
Rp. 850,000
Daftar

Workshop Online

MENGELOLA KONTRAK
PENGADAAN BAGI PPK 2024

Untuk Pekerjaan Sederhana dan Tidak Kompleks

Pilih Event Gelombang
4 sesi Pelatihan
13:30 – 15:30 WIB

“ Pelatihan bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang menangani pekerjaan dengan kategori pengelolaan kontrak yang umum atau lazim ada dalam suatu organisasi, namun tidak termasuk dalam kategori pekerjaan kompleks atau sederhana ”

Latar Belakang

Dalam konteks pengembangan infrastruktur dan layanan publik, pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah memegang peranan penting dalam memastikan efisiensi dan efektivitas pembangunan nasional. Proses ini tidak hanya vital dalam memperbaiki kualitas layanan publik, namun juga berperan signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah. Hal ini memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam mengelola dan melaksanakan fungsi pengadaan, yang diatur dalam Pasal 74 ayat 2 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021.

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) melibatkan berbagai tahapan kompleks yang memerlukan keterampilan khusus, terutama dalam hal perumusan dan pengelolaan kontrak. Workshop online ini dirancang khusus untuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang bertugas dalam pengelolaan kontrak pengadaan yang umum atau lazim, tetapi tidak termasuk dalam kategori pekerjaan yang kompleks atau sederhana. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM dalam mengelola kontrak pengadaan, yang sesuai dengan tuntutan regulasi dan praktik terbaik.

Workshop ini berfokus pada pengembangan kemampuan dalam merumuskan kontrak pengadaan dalam bentuk surat perjanjian, mengendalikan pelaksanaan kontrak yang meliputi masukan (input), proses, dan keluaran (output) untuk pekerjaan yang tidak sederhana dan tidak kompleks, serta melaksanakan serah terima hasil pengadaan yang telah melewati prosedur penjaminan mutu. Dengan demikian, peserta diharapkan dapat mengelola kontrak pengadaan dengan lebih efektif, mengurangi risiko, dan meningkatkan kualitas hasil akhir pengadaan barang dan jasa.

Workshop ini akan membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan terkini dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, mengacu pada standar kompetensi terbaru yang ditetapkan dalam regulasi pemerintah. Peserta akan diajarkan tentang praktik terbaik dalam merumuskan kontrak, mengawasi pelaksanaan kontrak, serta menjamin kualitas hasil pengadaan. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menerapkan ilmu yang didapat secara praktis dalam pekerjaan sehari-hari, sehingga dapat memberikan kontribusi positif pada proses pengadaan di instansi masing-masing.

Maksud dan Tujuan Workshop Online: "Mengelola Kontrak Pengadaan bagi PPK untuk Pekerjaan Sederhana dan Tidak Kompleks"

Maksud Workshop

Workshop ini dirancang dengan maksud untuk memberikan pemahaman komprehensif dan meningkatkan keterampilan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam mengelola kontrak pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa PPK memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola kontrak pengadaan yang efektif dan efisien, sesuai dengan regulasi dan standar yang berlaku.

Workshop ini juga dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan kompetensi yang mungkin ada di antara PPK, khususnya dalam hal pengelolaan kontrak untuk pekerjaan yang tidak tergolong sederhana maupun kompleks.

Tujuan Workshop

  • Meningkatkan Kompetensi PPK: Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi PPK dalam aspek-aspek kunci pengelolaan kontrak pengadaan. Ini termasuk perumusan kontrak, pengendalian pelaksanaan, dan serah terima hasil pengadaan barang/jasa.
  • Pemahaman Regulasi dan Praktik Terbaik: Workshop ini bertujuan untuk memastikan bahwa PPK paham dan mampu menerapkan regulasi terkini serta praktik terbaik dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.
  • Pengembangan Keterampilan Praktis: Peserta diharapkan dapat mengembangkan keterampilan praktis dalam merumuskan kontrak, melakukan pengawasan dan pengendalian kontrak, serta menjamin kualitas hasil pengadaan.
  • Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas: Dengan peningkatan kompetensi ini, diharapkan proses pengadaan di instansi pemerintah menjadi lebih efisien dan efektif, mengurangi kemungkinan risiko dan kesalahan yang mungkin terjadi.
  • Kontribusi pada Pembangunan Nasional: Secara keseluruhan, peningkatan kualitas pengelolaan kontrak pengadaan diharapkan dapat berkontribusi pada efektivitas pembangunan nasional melalui peningkatan kualitas layanan publik dan penggunaan sumber daya negara yang lebih baik.

    Materi Pelatihan

    Materi Pelatihan ini disusun berdasarkan Kebutuhan PPK juga disesuaikan dengan Kurikulum serta Peraturan Perundang Undangan yang berlaku :

  • Gambaran Tugas dan Fungsi PPK, tahun Anggaran 2024
  • Perumusan Kontrak Pengadaan dalam bentuk surat perjanjian
  • Pengendalian Pelaksanaan Kontrak untuk pekerjaan yang tidak sederhana dan tidak kompleks; dan
  • Serah Terima Hasil untuk pekerjaan yang tidak sederhana dan tidak kompleks.

Output Pelatihan

  • Melaksanakan tugas dalam Merumuskan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) yang diwujudkan dalam Format Surat Perjanjian.
  • Mampu Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak dengan fokus pada pengawasan terhadap masukan (input), proses produksi atau pelaksanaan, serta keluaran (output) dari hasil pekerjaan, khususnya untuk barang/jasa yang berkategorikan tidak sederhana dan tidak kompleks.
  • Mampu melaksanakan tugas Serah Terima Hasil Pengadaan yang mencakup barang/jasa dengan karakteristik tidak sederhana dan tidak kompleks, setelah berhasil melewati prosedur penjaminan mutu (quality assurance).

Target Peserta

    Program ini diperuntukkan dan bermanfaat Utamanya bagi para :

  • PPK
  • PPTK
  • PA/KPA yang menjalankan Fungsi PPK
  • Tim UKPBJ
  • Inspektorat/Auditor

Waktu Pelaksanaan

4
Sesi
Pelatihan

Gelombang I
12 - 15 Maret
2024

Gelombang II
23 - 26 April
2024

13.30
-
15.30 WIB

Biaya & Fasilitas


PROMO

Harga Normal

Rp. 850,000,-

Harga Promo

Rp. 380,000,-
Daftar Sekarang
  • Fasilitas :
  • Mengikuti 4 Sesi Kelas Workshop
  • Materi Paparan (softcopy)
  • Modul Bacaan (softcopy)
  • Peraturan Terkait (softcopy)
  • Rekaman Video Pembelajaran
  • E- Sertifikat
  • Doorprize Menarik
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (29 Maret 2024): 1 Unit Jam Tangan (Fosil), 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif

Pilih Event 2024

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Rahmi : 08111565770
Syafira : 08111109423
Wa Center : 08111326000

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 3

Total Pengunjung : 437