Rp. 4,500,000
Daftar

Bimbingan Teknis

RISIKO HUKUM PADA
PENGADAAN JASA KONSTRUKSI

2 hari Kelas Intensif
25 - 26 Juli 2024
08:00 – 17:00 WIB

Latar Belakang

Meningkatkan kualitas pengadaan jasa konstruksi adalah kunci untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan berkualitas di Indonesia. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi memberikan landasan hukum yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Penerapan risiko hukum yang tepat sangat penting dalam memastikan bahwa setiap tahapan pengadaan jasa konstruksi berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Dengan mematuhi standar dan mutu, memastikan kompetensi pelaku usaha, menjaga keselamatan dan kesehatan kerja, mengendalikan pelaksanaan pekerjaan dan kontrak, serta menyelesaikan sengketa secara efektif, kualitas pengadaan jasa konstruksi dapat ditingkatkan secara signifikan. Upaya ini akan mendukung tercapainya proyek-proyek konstruksi yang aman, efisien, dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Pelatihan tentang risiko hukum dalam pekerjaan jasa konstruksi pemerintah menjadi semakin relevan di tengah meningkatnya kompleksitas proyek konstruksi dan tuntutan terhadap akuntabilitas serta transparansi. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan pemahaman yang mendalam dan keterampilan praktis dalam mengidentifikasi, mengelola, dan memitigasi risiko hukum yang mungkin muncul sepanjang siklus pengadaan jasa konstruksi.

Pengadaan jasa konstruksi pemerintah melibatkan berbagai tahapan, mulai dari perencanaan, pengadaan, hingga pelaksanaan dan pengendalian kontrak. Setiap tahap ini memiliki potensi risiko hukum yang signifikan, yang jika tidak dikelola dengan baik, dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap kelangsungan proyek, reputasi instansi, serta aspek keuangan. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku di bidang ini untuk memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai manajemen risiko hukum dan strategi mitigasinya.

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memetakan dan mengidentifikasi berbagai potensi permasalahan hukum yang mungkin timbul dalam pengadaan jasa konstruksi. Mereka akan dilatih untuk menerapkan konsep mitigasi risiko dan memahami solusi serta jalur hukum yang dapat ditempuh jika terjadi sengketa. Dengan demikian, peserta akan mampu mengimplementasikan strategi mitigasi risiko hukum dalam pelaksanaan kontrak jasa konstruksi, memastikan bahwa semua langkah yang diambil sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain itu, pelatihan ini juga akan membahas secara mendalam potensi risiko pidana yang mungkin muncul dalam pengadaan jasa konstruksi. Pemahaman ini sangat penting untuk mencegah tindakan-tindakan yang dapat menimbulkan masalah hukum pidana. Peserta akan diberikan pengetahuan tentang langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi risiko hukum, mulai dari identifikasi masalah hingga penyelesaian sengketa.

Materi pelatihan meliputi konsep dasar manajemen risiko hukum berdasarkan ISO 31022:2020, strategi penerapan ISO 31022 dalam pengadaan barang/jasa, potensi risiko hukum dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa, dan potensi permasalahan hukum dalam pengadaan jasa konstruksi. Selain itu, peserta akan mempelajari pilihan hukum dalam sengketa kontrak, teknik pengendalian pekerjaan dan kontrak konstruksi, serta langkah-langkah penanganan risiko hukum dalam pengadaan jasa konstruksi.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kesiapan mereka dalam menghadapi dan mengelola risiko hukum dalam pengadaan jasa konstruksi pemerintah. Hal ini akan mendukung tercapainya tujuan proyek secara efektif dan efisien, serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam proses pengadaan. Pelatihan ini merupakan investasi penting dalam pengembangan profesionalisme dan integritas di bidang pengadaan jasa konstruksi pemerintah.

MAKSUD DAN TUJUAN

Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis kepada para peserta mengenai risiko hukum dalam pekerjaan jasa konstruksi pemerintah. Dengan meningkatnya kompleksitas dan nilai proyek konstruksi, serta tingginya tuntutan terhadap akuntabilitas dan transparansi, pemahaman yang kuat tentang manajemen risiko hukum menjadi sangat penting. Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para peserta mampu mengidentifikasi, mengelola, dan memitigasi risiko hukum yang dapat muncul sepanjang siklus pengadaan jasa konstruksi, sehingga dapat mencegah atau mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

Memetakan dan Mengidentifikasi Potensi Permasalahan Hukum:

Peserta akan dilatih untuk mengenali dan memetakan berbagai potensi permasalahan hukum yang mungkin muncul dalam pengadaan jasa konstruksi, sehingga dapat mengambil langkah preventif yang tepat.



Menerapkan Konsep Mitigasi Risiko

Peserta akan dibekali dengan konsep dan teknik mitigasi risiko, baik dari aspek manajemen risiko secara umum maupun risiko hukum secara khusus.



Memahami Solusi dan Jalur Hukum dalam Pengadaan

Peserta akan mempelajari berbagai solusi hukum yang dapat diambil jika terjadi sengketa atau masalah hukum dalam pelaksanaan pengadaan, termasuk pemilihan jalur hukum yang paling efektif.



Mengimplementasikan Strategi Mitigasi Risiko Hukum

Peserta akan mendapatkan pengetahuan praktis tentang bagaimana mengimplementasikan strategi mitigasi risiko hukum dalam kontrak jasa konstruksi, sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi.



Memahami Potensi Risiko Pidana

Peserta juga akan dibekali dengan pemahaman mengenai potensi risiko pidana yang mungkin terjadi dalam pengadaan jasa konstruksi, serta langkah-langkah untuk menghindarinya.



MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Konsep Dasar Manajemen Risiko Hukum:
    Materi ini akan menjelaskan konsep dasar manajemen risiko hukum berdasarkan standar ISO 31022:2020 - Risk Management Guidelines For The Management Of Legal Risk, yang merupakan pedoman internasional untuk pengelolaan risiko hukum.
  2. Strategi Penerapan ISO 31022 dalam Pengadaan Barang/Jasa:
    Peserta akan mempelajari cara menerapkan ISO 31022 dalam konteks pengadaan barang/jasa untuk meningkatkan pengelolaan risiko hukum.
  3. Potensi Risiko Hukum dalam Pelaksana Pengadaan Barang/Jasa:
    Materi ini akan membahas potensi risiko hukum yang bisa muncul selama pelaksanaan pengadaan barang/jasa, serta strategi untuk mengatasinya.
  4. Potensi Permasalahan Hukum Dalam Pengadaan Jasa Konstruksi:
    Fokus pada potensi permasalahan hukum yang spesifik pada pengadaan jasa konstruksi, termasuk permasalahan yang sering terjadi dan cara penanganannya.
  1. Pilihan Hukum Dalam Sengketa Kontrak:
    Peserta akan mempelajari berbagai pilihan hukum yang tersedia untuk menyelesaikan sengketa kontrak, termasuk mekanisme alternatif penyelesaian sengketa.
  2. Pengendalian Pekerjaan dan Pengendalian Kontrak Konstruksi:
    Materi ini akan membahas teknik-teknik pengendalian pekerjaan dan kontrak konstruksi untuk memastikan pelaksanaan proyek sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Memahami Risiko Hukum Pidana pada Pengadaan Jasa Konstruksi:
    Peserta akan diajak memahami risiko hukum pidana yang mungkin muncul, serta langkah-langkah preventif yang dapat diambil.
  4. Langkah-langkah Penanganan jika Terjadi Risiko Hukum dalam Pengadaan Jasa Konstruksi:
    Materi ini akan memberikan panduan praktis tentang langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi risiko hukum dalam pengadaan jasa konstruksi, mulai dari identifikasi masalah hingga penyelesaian sengketa.

LANDASAN HUKUM

  1. Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi
  2. Peraturan Presiden No 16 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden No 12 Tahun 2021 Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  3. Standar ISO 31022:2020 - Risk Management Guidelines For The Management Of Legal Risk

Waktu Pelaksanaan

2
Hari
Kelas Intensif

17 - 18
Juli
2024

08:00
-
17:00 WIB

Biaya


Tanpa
Penginapan

Rp 4.500.000
  • Pelatihan
  • Penginapan
  • Sarapan
  • Twin Share/Single

Dengan
Penginapan

TERBAIK
Rp 5.950.000
  • Pelatihan
  • Penginapan
  • Sarapan
  • Single

Dengan
Penginapan

Rp 5.500.00
  • Pelatihan
  • Penginapan
  • Sarapan
  • Twin Share

Fasilitas Peserta

  • Mengikuti 2 hari Kelas Intensif Tatap Muka
  • Materi Pelatihan
  • Modul dan Bahan Bacaan Pendukung
  • Peraturan Terkait
  • Tas Ransel Eksklusif
  • Buku dan Alat Tulis
  • Penginapan selama 4 Hari, 3 Malam
  • Makan Pagi, Siang, dan Malam
  • Coffee Snack selama Pelatihan
  • Sertifikat Nasional
  • DoorPrize Menarik
  • Hadiah Undian Akhir Tahun

BONUS

  • Video dan Materi Pembelajaran Penyelenggaraan E-Purchasing Melalui Metode Mini Kompetisi pada Pekerjaan Konstruksi
  • Buku RISIKO HUKUM dalam Pengadaan Barang/Jasa

Tempat


Hotel The Tavia Heritage Jalan Letjen Suprapto No.1 Jakarta
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (30 September 2024): Laptop HP, 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Biaya Pelatihan
Rp. 4,500,000,-

Maaf pendaftaran telah ditutup, Silahkan kunjungi LPKN.ID untuk event lainnya



Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Wa Center : 08111326000
Riska : 08111102485

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 7

Total Pengunjung : 1,874