Rp. 350,000
Rp. 2,500,000
Daftar

Kelas Pendalaman dan Diskusi

Membahas Seputar Permasalahan
dan Berbagai Solusinya Bagi
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

Penyampaian Pertanyaan: 1-5 Maret 2024
Telaah & Perumusan: 6- 8 Maret 2024
Pembahasan & Diskusi: 9 Maret 2024
Sesi 1: 08.30 – 10.30 WIB
Sesi 2: 10.30 – 12.30 WIB

Pengantar

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, kami menyelenggarakan Kelas Khusus Pendalaman dan Diskusi bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Kelas ini dirancang untuk membahas secara mendalam Tugas dan Tanggung Jawab PPK, mulai dari tahap Perencanaan hingga Serah Terima. Mengingat peran strategis PPK dalam pengadaan, penting bagi mereka untuk dilengkapi dengan pengetahuan teoretis, keterampilan teknis, dan pengalaman praktis melalui studi kasus nyata.

Maksud dan Tujuan

Kelas Khusus Pendalaman dan Diskusi bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) diselenggarakan sebagai upaya sistematis dalam memperkuat kapasitas dan pemahaman PPK terkait dengan aspek-aspek kritikal dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Program ini dimaksudkan untuk menjadi wadah bagi PPK dalam mengeksplorasi berbagai tantangan, solusi, serta strategi terbaik yang dapat diaplikasikan dalam praktik pengadaan.

Melalui pendekatan interaktif dan berbasis diskusi, program ini bertujuan untuk membuka ruang bagi pertukaran pengalaman, pengetahuan, dan praktik terbaik di antara PPK serta dengan para ahli di bidang pengadaan.

Tujuan Program

Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan PPK dalam menjalankan Program Pengadaan Barang/Jasa secara efektif pada tahun Anggaran 2024. Melalui pelatihan ini, diharapkan PPK dapat mengembangkan strategi efisien dan mengimplementasikan mitigasi risiko yang tepat di setiap tahap pengadaan.

Manfaat Utama

Kelas Khusus Pendalaman dan Diskusi bagi PPK diharapkan dapat membawa dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pengadaan barang/jasa pemerintah dan, pada gilirannya, meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara.

  1. Pemahaman Regulasi yang Lebih Baik: Peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai regulasi terkini yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa pemerintah. Hal ini penting untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan menghindari risiko hukum.
  2. Pengetahuan Teknis dan Praktik Terbaik: Melalui diskusi interaktif dan studi kasus, peserta akan mempelajari teknik-teknik praktis dan strategi terbaik dalam pengelolaan pengadaan, mulai dari perencanaan hingga serah terima.
  3. Solusi untuk Tantangan Spesifik: Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi PPK untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam tugas sehari-hari, serta memperoleh solusi yang inovatif dan aplikatif dari narasumber dan peserta lain.
  4. Peningkatan Kemampuan Mitigasi Risiko: Peserta akan dilengkapi dengan pengetahuan dan alat untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mitigasi risiko dalam pengadaan, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah atau kegagalan.
  1. Pengembangan Keterampilan Negosiasi dan Manajemen Kontrak: Memperkuat kemampuan peserta dalam negosiasi dan manajemen kontrak, keterampilan penting yang menunjang keberhasilan pengadaan barang/jasa.
  2. Pembangunan Jaringan Profesional: Kegiatan ini membuka kesempatan bagi peserta untuk membangun dan memperkuat jaringan profesional dengan rekan-rekan PPK lainnya serta para ahli di bidang pengadaan, yang dapat menjadi sumber informasi dan dukungan di masa depan.
  3. Peningkatan Kepuasan Stakeholder: Dengan menerapkan praktik pengadaan yang baik, peserta dapat meningkatkan kepuasan stakeholder, termasuk pemerintah, penyedia barang/jasa, dan masyarakat, melalui pengadaan yang lebih transparan, akuntabel, dan berkualitas.
  4. Peningkatan Kepercayaan Publik: Implementasi pengadaan yang baik dan profesional oleh PPK dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses pengadaan pemerintah dan pengelolaan anggaran negara secara keseluruhan.

Materi Diskusi

Fokus diskusi akan mencakup tahapan utama yang dijalankan oleh PPK, antara lain:

  • Perencanaan: Strategi dalam merencanakan pengadaan yang efisien dan efektif.
  • Pelaksanaan Pekerjaan/Kontrak: Pengelolaan kontrak dan hubungan dengan pihak ketiga.
  • Pengendalian: Teknik pengendalian kualitas dan waktu dalam proyek pengadaan.
  • Serah Terima: Prosedur serah terima yang memastikan kepatuhan terhadap spesifikasi dan standar.

Metodologi

Kelas ini akan menggunakan pendekatan interaktif, yang meliputi:

  • Penyampaian Masalah: Peserta diundang untuk mengajukan pertanyaan dan berbagai Permasalahan yang dialami.
  • Analisis oleh Tim Narasumber: Penelaahan kasus dan persiapan solusi serta strategi oleh Tim narasumber ahli.
  • Pemaparan Materi: Narasumber menyajikan materi berdasarkan isu dan pertanyaan yang diajukan..
  • Diskusi: Pembahasan mendalam oleh tim narasumber, diikuti sesi tanya jawab interaktif.

Fasilitasi

Kelas ini akan dipandu oleh 2 hingga 3 fasilitator berpengalaman, yang akan membantu peserta menavigasi diskusi, memastikan pemahaman materi, dan menyediakan solusi praktis untuk berbagai permasalahan seputar PPK.

Hasil yang Diharapkan

Peserta akan memperoleh wawasan komprehensif dan solusi praktis untuk meningkatkan efektivitas dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai PPK, termasuk strategi dan teknik mitigasi risiko yang dapat diaplikasikan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Dengan program ini, kami berharap para PPK akan lebih percaya diri dan terampil dalam menghadapi tantangan yang muncul selama proses pengadaan, serta mampu berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan pengadaan di institusi masing masing

INVESTASI PESERTA

Program ini dipersiapkan khusus untuk PPK, untuk membelah dan menghasilkan Solusi yang komprehensif, sehingga Jumlah Peserta akan terbatas, agar memberikan hasil yang maksimal. Adapun Investasinya adalah :

  • Biaya Normal Rp. 2,500,000,-
  • Harga Khusus Rp. 350,000,-

Jadwal Kegiatan

Penyampaian Pertanyaan
1-5
Maret 2024

Telaah & Perumusan
6-8
Maret 2024

Pembahasan & Diskusi
Sabtu, 9
Maret 2024

Sesi 1
08.30 –
10.30 WIB

Sesi 2
10.30 –
12.30 WIB

Biaya & Fasilitas

PROMO

Harga Normal

Rp. 2,500,000

Harga Promo

Rp. 350,000
Daftar Sekarang
  • Materi Paparan
  • Telaah dan Perumusan
  • Video Pembelajaran
  • E - sertifikat
  • Quiz/Games
  • DoorPrize
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (29 Maret 2024): 1 Unit Jam Tangan (Fosil), 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 2,500,000,-
Harga Promo
Rp. 350,000,-
Email
Nama Lengkap Serta Gelar
No.Handphone
Instansi
Unit Organisasi


Alamat


Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Sofy : 081318886103

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 1

Total Pengunjung : 830