Rp. 95,000
Rp. 750,000
Daftar

Kelas Online

Penerapan
Spesifikasi Umum
untuk
Pekerjaan Konstruksi

Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

1 Sesi kelas Online
07 September 2024
09:30 – 12:00 WIB

Latar Belakang

Pelatihan "Penerapan Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Konstruksi dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah" bertujuan untuk meningkatkan standar pelaksanaan dan pengawasan proyek konstruksi yang dilaksanakan dalam lingkup pengadaan barang/jasa pemerintah. Pentingnya pelatihan ini muncul dari kompleksitas dan kerapatan regulasi serta standar yang harus dipatuhi oleh semua pihak terlibat dalam proyek konstruksi pemerintah. Kegagalan memahami dan menerapkan spesifikasi yang tepat seringkali berujung pada kerugian besar, baik dalam aspek finansial maupun keberlanjutan infrastruktur. Spesifikasi yang jelas dan lengkap memungkinkan penyedia barang dan jasa untuk mengajukan penawaran yang lebih akurat dan mengeliminasi ambiguitas yang mungkin timbul selama proses tender atau pelaksanaan konstruksi. Ini berperan dalam mengurangi potensi sengketa dan memastikan bahwa proyek selesai sesuai dengan standar yang ditentukan.

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan komprehensif tentang bagaimana spesifikasi umum disusun dan diterapkan dalam pekerjaan konstruksi. Materi pelatihan akan membahas dari pengenalan spesifikasi, pemahaman mendalam tentang komponen-komponen spesifikasi, hingga aplikasi praktisnya di lapangan. Fokus akan diletakkan pada bagaimana spesifikasi dapat dijadikan alat untuk mengarahkan semua pihak terkait—mulai dari kontraktor, pengawas, hingga pemilik proyek—untuk bekerja dalam kerangka yang telah ditetapkan, mengoptimalkan output, dan memastikan akuntabilitas.

Pelatihan dirancang untuk tidak hanya memberikan teori, tetapi juga gambaran praktik aplikatif yang membantu peserta untuk menerjemahkan spesifikasi ke dalam tindakan nyata di lapangan. Hal ini sangat penting karena pelaksanaan spesifikasi yang tepat secara langsung berpengaruh terhadap kualitas, keamanan, dan keberlanjutan dari infrastruktur yang dibangun. Dengan demikian, pelatihan ini menjadi sangat relevan dan penting bagi semua pihak yang terlibat dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, terutama dalam konteks pembangunan infrastruktur yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.


Materi Pelatihan

  1. Pengenalan Spesifikasi
  2. Pemahaman Mendalam tentang Komponen - Komponen Spesifikasi
  3. Aplikasi Praktis di Lapangan
  4. Teknik Spesifikasi Sebagai Alat untuk Mengarahkan Semua Pihak Terkait

TUJUAN UTAMA

Penyusunan spesifikasi umum dalam proyek konstruksi atau pengadaan barang/jasa memiliki beberapa tujuan penting yang menjamin kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan proyek :

1. Standarisasi Proses dan Material:

Spesifikasi umum memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proyek menggunakan prosedur, material, dan metode kerja yang seragam. Ini penting untuk menjaga kualitas dan konsistensi pekerjaan di seluruh proyek.



2. Memenuhi Standar dan Regulasi

Dengan adanya spesifikasi umum, proyek dijamin mematuhi standar industri yang berlaku serta regulasi hukum dan lingkungan. Ini membantu menghindari sanksi hukum dan memastikan kepatuhan terhadap ketentuan pemerintah dan badan regulasi.



3. Pengawasan dan Kontrol Kualitas

Spesifikasi umum memberikan kerangka kerja untuk pengawasan dan kontrol kualitas pekerjaan yang dilaksanakan. Ini memudahkan pengawas proyek untuk memeriksa dan memastikan bahwa semua aspek pekerjaan memenuhi standar yang telah ditetapkan.



4. Membantu dalam Proses Tender dan Kontrak

Spesifikasi umum digunakan sebagai dasar dalam proses tender, membantu peserta tender memahami persyaratan proyek secara lebih jelas dan lengkap. Hal ini mengurangi ambiguitas dan memfasilitasi proses penawaran yang lebih kompetitif dan adil.



5. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas

Dengan standarisasi yang diberikan oleh spesifikasi umum, efisiensi dalam pelaksanaan proyek dapat ditingkatkan. Hal ini memungkinkan penggunaan sumber daya secara lebih efektif, mengurangi pemborosan, dan mempercepat waktu pelaksanaan.



6. Pencegahan Konflik dan Kesalahpahaman

Spesifikasi umum juga berfungsi untuk mencegah konflik dan kesalahpahaman antara kontraktor, subkontraktor, dan pemilik proyek dengan menyediakan pedoman yang jelas dan mudah diakses oleh semua pihak terkait.



Penyusunan spesifikasi umum, adalah langkah krusial dalam manajemen proyek yang memastikan semua aspek pekerjaan dilaksanakan dengan standar yang tinggi, memberikan hasil akhir yang berkualitas, dan memenuhi harapan semua pihak yang terlibat.

Waktu Pelaksanaan

1 Sesi
Kelas
Online

07
September
2024

09.30
-
12.00 WIB

Biaya & Fasilitas

PROMO

Harga Normal

Rp. 750,000,-

Harga Promo

Rp. 95,000,-
Daftar Sekarang
  • Mengikuti Kelas Online
  • Materi paparan
  • Peraturan Terkait
  • Rekaman Video Pembelajaran
  • E - sertifikat
  • Doorprize Menarik
  • Hadiah Akhir Tahun
Silahkan Hub Kami, jika Memerlukan bantuan Registrasi atau Pembayaran

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Dooprize (30 September 2024): Laptop HP, 5 Tshirt Ekslusif
  • Hadiah Utama (30 Desember 2024): 1 Unit Sepeda Motor Yamaha, 1 Unit Handphone Samsung, 1 Unit Jam Tangan (Alexandre Christie), 10 Tshirt Ekslusif

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Normal
Rp. 750,000,-
Harga Promo
Rp. 95,000,-
Email
Nama Lengkap Serta Gelar
No.Handphone
Instansi
Unit Organisasi


Alamat


Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Testimoni

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), adalah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan telah berkiprah sejak 2005, saat ini LPKN telah tersertifikasi ISO manajemen mutu ISO 90001 2015 serta ISO Pendidikan 21001 2018, tahun 2020 dan 2021 juga mendapatkan 2 rekor MURI, sebagai penyelenggaran pelatihan terbanyak se Indonesia. LPKN telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI dan telah dipercaya oleh puluhan ribu Instansi Pemerintah serta BUMN, dan juga telah menghasilkan alumni lebih dari 3.000.000 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, berbagai materi Pelatihan termasuk Pelatihan Kompetensi dari BNSP, Kemenaker, LKPP, dan berbagai pelatihan kompetensi lainnya. Dengan komitmen yang kuat, menjadikan LPKN sebagai Lembaga Pendidikan terpercaya dan terus berupaya menghasilkan alumni yang berkualitas dan kompeten, serta mengkedepankan kualitas pelayanan dalam setiap penyelenggaraan pelatihan.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Salma : 08119980453
Wa Center : 08111326000

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 17

Total Pengunjung : 26