Rp. 3,500,000
Daftar

Workshop 2 hari

IMPLEMENTASI SISTEM PENGADAAN
SECARA ELEKTRONIK (SPSE) VER 4.5

Sesuai Perpres 12 Tahun 2021 & Per LKPP No. 12 Tahun 2021

2 Hari Pelatihan
23 - 24 Februari 2022

Latar Belakang

Hadirnya Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 yang merupakan perubahan dari Perpres 16 tahun 2018, serta hadirnya Per LKPP No. 12 Tahun 2021, tentang Pengadaan barang/Jasa melalui Penyedia, maka terdapat pengembangan dan penyesuaian dari sistem Aplikasi SPSE, sehingga dibutuhkan pemahaman teknis oleh para pelaku pengadaan.

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah kegiatan pengadaan barang jasa oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Salah satu proses pengadaan dilakukan melalui penyedia yaitu pelaku usaha yang menyediakan barang/jasa berdasarkan kontrak. Pelaksanaan pemilihan penyedia menggunakan metode :

  • Tender/seleksi;
  • E-purchasing;
  • Pembelian melalui toko daring;
  • Penunjukan langsung;
  • Pengadaan langsung;
  • Tender cepat.

Banyaknya metode tersebut, memerlukan penjelasan lebih lanjut dalam bimbingan teknis dalam rangka meningkatkan kapasitas para pelaku pengadaan (PA/ KPA/ PPK/ Pejabat Pengadaan/ Pokja Pemilihan/ Agen Pengadaan/ Penyelenggara Swakelola/ Penyedia). Untuk dapat menyiapkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa melalui Penyedia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengadaan secara elektronik di Indonesia menjadi salah satu langkah Transformasi Digital untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) VER 4.5, telah mengalami beberapa perubahan dan penambahan fitur serta telah disesuaikan dengan peraturan pengadaan terbaru, sehingga akan lebih mendukung pelaksanaan pengadaan pada tahun anggaran 2022.

Materi Pelatihan


  • Kebijakan “Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)”
  • Gambaran Umum
    • Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP)
    • E - Purchasing
    • e - Kontra
  • Pembuatan Paket Pemilihan
  • Pengadaan Langsung
  • Penunjukan Langsung
  • Tender Cepat
  • Tender / Seleksi

Pengadaan barang/jasa secara elektronik bertujuan untuk

  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas;
  • Meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat;
  • Memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan;
  • Mendukung proses monitoring dan audit; dan
  • Memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time.

Landasan Hukum

  • Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 (revisi Perpres No.16 Tahun 20l8 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
  • Peraturan kepala LKPP No.12 Tahun 2021, tentang Pengadaan Barang/Jasa Melalui Penyedia

Biaya dan Fasilitas

Waktu

  • 2 Hari Pelatihan
  • 23 - 24 Februari 2022
  • Hotel Sunlake Sunter (Bintang 5) Jalan Danau Permai Raya - Jakarta

Biaya

  • Biaya Pelatihan Rp. 3.500.000 ,-
  • Dengan Penginapan 4 hari, 3 malam Rp. 4.950.000, -

Fasilitas

  • Mengikuti 2 Hari Kelas Pelatihan
  • Sertifikat 20 JP
  • Hard Copy Materi, Modul, dan Peraturan
  • Tas dan Atk
  • Softcopy Materi
  • Coffe, snack, Makan Siang
  • Penginapan, Sarapan, dan Makan Malam (menginap)

Target Peserta

  • Pengguna Anggaran (PA),
  • Kuasa Pengguna Anggaran (KPA),
  • Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),
  • PPTK
  • Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan
  • Tim Pelaksana dan Tim Peneliti
Peserta Terbatas dan Mengikuti Prokes Covid 19 Peserta di harapkan membawa
Laptop untuk Praktikum

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Hadiah QUIZ (pada saat acara) : Voucer Pelatihan Senilai Total Rp. 900.000,-
  • Dooprize (31 Maret 2022) : 1 Unit Laptop, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2022) : 1 Unit Sepeda Motor NMAX, Uang Tunai Rp. 10.000.000,-

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Segera Mendaftar


Pilih Biaya Pelatihan
Email
Nama Lengkap
No.Handphone
Instansi
Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Ulfa : 081113802906
Putri : 08118042811

Pengunjung Online : 10

Pengunjung Hari ini : 154

Total Pengunjung : 382