Rp. 5,250,000
Daftar

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

PENGADAAN BARANG /JASA PEMERINTAH (PBJP) LEVEL - 1

(48 JP, Model Pembelajaran Blended Learning) Akreditasi A - LKPP

.

Jakarta,
26 Juli - 13 Agustus 2022

E-learning : 26 Juli - 08 Agustus 2022
Tatap Muka : 11 - 12 Agustus 2022
Uji Kompetensi : 13 Agustus 2022

Latar Belakang

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional maupun daerah, yang dalam pelaksanaannya dibutuhkan Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SDM PBJ) yang kompeten.

Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengatur SDM PBJ harus mempunyai kompetensi teknis bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sesuai dengan ketentuan pada Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa, pelatihan ini membekali SDM PBJ dengan

Standar Kompetensi yang meliputi

Pengantar Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management);

Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;

Melakukan Perencanaan Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah

Melakukan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah

Mengelola Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Mengelola Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah secara Swakelola

Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning yang menggabungkan model pembelajaran mandiri melalui e-Learning dan tatap muka. Untuk pendalaman dan menilai pemahaman hasil pembelajaran mandiri dilakukan dengan tes materi dan try out.

Metode Pembelajaran

  • Belajar mandiri melalui e-Learning (video, Materi, Try Out, Test)

  • Tatap Muka Online – webinar 2x

  • Kelas Tatap Muka selama 2 hari

  • Uji Kompetensi selama 1 hari

Materi Pelatihan

Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management)

  • Konsep dasar manajemen rantai pasok;
  • Keterkaitan Pengadaan dengan manajemen rantai pasok;
  • Penerapan manajemen rantai pasok dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

  • Ketentuan Umum Pengadaan;
  • Tujuan Pengadaan;
  • Kebijakan Pengadaan;
  • Prinsip Pengadaan;
  • Etika Pengadaan;
  • Aspek Hukum Pengadaan;
  • Pelaku Pengadaan;
  • Peran usaha kecil, penggunaan produk dalam negeri, dan pengadaan berkelanjutan;
  • Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara elektronik;
  • Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Pengadaan;
  • Pengawasan, pengaduan, sanksi, dan pelayanan hukum dalam Pengadaan.

Perencanaan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah

  • Identifikasi/reviu kebutuhan dan penetapan barang/jasa
  • Penyusunan spesifikasi teknis dan Kerangka Acuan Keija (KAK)
  • Penyusunan perkiraan harga untuk setiap tahapan Pengadaan
  • Perumusan strategi pengadaan, pemaketan, dan cara pengadaan
  • Perumusan organisasi Pengadaan;
  • Risiko perencanaan Pengadaan; dan
  • Identifikasi dan pengumpulan bahan dan/atau data dan/atau informasi yang dibutuhkan untuk melakukan perencanaan Pengadaan.

Melakukan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah

  • Reviu dokumen persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  • Penyusunan dan penjelasan dokumen pemilihan;
  • Penilaian kualifikasi;
  • Evaluasi penawaran;
  • Pengelolaan sanggah;
  • Daftar Penyedia Barang/Jasa Pemerintah;
  • Negosiasi dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  • Pengadaan dengan persyaratan khusus dan/atau spesifik dan Pengadaan Khusus;
  • Risiko pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah; dan
  • Identifikasi dan pengumpulan bahan dan/atau data dan/atau informasi

Mengelola Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

  • Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  • Pembentukan Tim Pengelola Kontrak;
  • Pengendalian Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  • Serah Terima Hasil Pekeijaan;
  • Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa Pemerintah;
  • Perumusan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam bentuk kwitansi, bukti pembayaran/pembelian, dan surat pesanan;
  • Risiko pengelolaan kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; dan
  • Identifikasi dan pengumpulan bahan dan/atau data dan/atau informasi

Mengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara Swakelola

  • Perencanaan Pengadaan secara Swakelola;
  • Persiapan Pengadaan secara Swakelola;
  • Pelaksanaan Pengadaan secara Swakelola;
  • Pengawasan Pengadaan secara Swakelola;
  • Serah Terima Hasil Pekerjaan secara Swakelola;
  • Risiko pengelolaan Pengadaan secara Swakelola; dan
  • Identifikasi dan pengumpulan bahan dan/atau data dan/atau informasi

Hasil Belajar

Setelah mengikuti pembelajaran ini Peserta mampu menjelaskan

  • konsep manajemen rantai pasok, keterkaitan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan manajemen rantai pasok, dan penerapan manajemen rantai pasok.
  • gambaran umum tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
  • identifikasi/reviu kebutuhan dan penetapan jenis barang/jasa, spesifikasi teknis/kerangka acuan kerja, perkiraan harga, strategi pengadaan, organisasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, risiko perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,
  • Menjelaskan reviu terhadap dokumen persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, penyusunan dan penjelasan Dokumen Pemilihan, penilaian kualifikasi, evaluasi penawaran dan pengelolaan sanggah, tahapan pemilihan Penyedia Barang/Jasa, penyusunan daftar Penyedia, negosiasi dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pengadaan Barang/Jasa khusus dan/atau spesifik dan Pengadaan Khusus, risiko pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah
  • Menjelaskan persiapan dan pelaksanaan pengendalian kontrak Pengadaan, evaluasi kinerja Penyedia, melakukan perumusan kontrak Pengadaan yang sederhana, risiko pengelolaan kontrak Pengadaan,
  • Menjelaskan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengawasan, dan serah terima hasil pekerjaan secara Swakelola, risiko pengelolaan Pengadaan secara Swakelola.
  • identifikasi dan pengumpulan bahan dan/atau data dan/atau informasi yang dibutuhkan dalam setiap tahapan

Fasilitas

  • Mengikuti e- Learning selama 10 hari

  • Mengikuti kelas Online sebanyak 3x

  • Mengikuti kelas Tatap Muka selama 2 hari

  • Mengikuti Ujian Kompetensi LKPP 1 Hari

  • Materi dan Modul Softcopy

  • Materi dan Modul Hardcopy

  • Hardcopy dan Softcopy Perpres 12 tahun 2021 (Konsolidasi)

  • Softcopy Perlem LKPP dan Standar Model Dokumen

  • Tas dan Kelengkapannya, termasuk Masker

  • Penggunaan Laptop Ujian Kompetensi

  • Makan siang, 2x Coffee Break

  • Sertifikat Pelatihan Kompetensi

  • Pengiriman Sertifikat Kompetensi (jika sudah dinyatakan lulus)

  • Penginapan dan Makan Pagi, selama 5 hari, 4 malam (paket menginap)

  • Doorprize Menarik

Peserta Dan Persyaratan Dokumen


PNS dengan pendidikan minimal SMA/Sederajat dan diusulkan secara tertulis oleh pimpinan unit kerja bidang kepegawaian atau unit kerja pengadaan barang/jasa (UKPBJ)


Peserta dari ASN/Anggota TNI Polri/ BUMN/ Perusahaan/ Institusi lainnya maka peserta menyampaikan surat tugas dari pimpinan.


Individu maka tidak diperlukan surat tugas cukup dengan surat pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan Pelatihan Kompetensi Level-1.


Persyaratan Administrasi

Belum memiliki sertifikat Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar atau Level 1

Biaya


Tanpa
Penginapan

Rp 5.250.000,-
  • Pelatihan
  • Ujian
  • Penginapan
  • Sarapan
  • Twin Share/Single

Dengan
Penginapan

TERBAIK
Rp 6.850.000,-
  • Pelatihan
  • Ujian
  • Penginapan
  • Sarapan
  • Single

Cek in 1 hari sebelum kegiatan, dan Cek out 1 hari setelah ujian

Dengan
Penginapan

Rp 6.450.000,-
  • Pelatihan
  • Ujian
  • Penginapan
  • Sarapan
  • Twin Share

Cek in 1 hari sebelum kegiatan, dan Cek out 1 hari setelah ujian

Waktu

E - learning Mandiri
26 Juli - 08 Agustus
2022

Pelatihan Tatap Muka
11 - 12 Agustus
2022

Uji   Kompetensi
13 Agustus
2022


Tempat

Hotel Sunlake Sunter (Bintang 5) Jalan Danau Permai Raya - Jakarta

Cuci Tangan

Gunakan Masker

Jaga Jarak

Tidak Berjabat Tangan

Hindari Kerumunan

Gunakan Handsanitizer

Peserta Terbatas dan Mengikuti Prokes Covid 19
Peserta di harapkan membawa Laptop untuk Praktikum

Raih kesempatan Memenangkan Doorprize/QUIZ Berhadiah

Image Description
  • Hadiah QUIZ (pada saat acara) : Voucer Pelatihan Senilai Total Rp. 900.000,-
  • Dooprize ( 30 September 2022) : 1 Unit Televisi 32 Inch, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
  • Hadiah Utama (30 Desember 2022) : 1 Unit Sepeda Motor NMAX, Uang Tunai Rp. 10.000.000,-
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
Pendaftaran dan kelengkapan data Peserta paling lambat 4 Hari sebelum pelatihan elearning

Untuk Informasi dan Pendaftaran

Daftarkan Diri Anda Sekarang

Harga Promo
Rp. 5,250,000,-
Pilih Biaya Pelatihan
Email
Nama Lengkap Beserta Gelar
No.Handphone
Instansi
Alamat lengkap (pengiriman sertifikat jika lulus)
Pilih keikut sertaan


Nama Bank
Nomor Rekening
Atas Nama

Penyelenggara Kegiatan

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) merupakan lembaga Diklat resmi yang berdiri sejak tahun 2005, dan telah Terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) – RI, untuk kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan dan Sertifikasi Barang/ Jasa pemerintah. Saat ini telah memiliki Alumni sebanyak 1.300.580 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, LPKN juga telah medapatkan 2 Rekor MURI, dalam penyelenggaraan Webinar dengan jumlah Peserta lebih dari 100.000 orang.

Kunjungi Juga Website www.LPKN.id
Marliana : 08111242824

Pengunjung Online : 1

Pengunjung Hari ini : 2

Total Pengunjung : 117